UPAYA PENINGKATAN SISTEM RESERVASI DAN MANAJEMEN DETAIL VCC YANG TERINTEGRASI DI DEPARTEMEN SALES MARKETING INTERCONTINENTAL BALI RESORT

Authors

  • I Made Aditya Wardana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Bagus Ngurah Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Kristina Andika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Hotel, Komunikasi, Reservasi

Abstract

Reservasi adalah suatu proses pemesanan kamar dan juga fasilitas lain yang dilakukan sebelum calon pelanggan tiba di suatu layanan jasa. Dan reservasi sendiri memiliki manfaat seperti para tamu akan mendapat kepastian tentang kamar hotel yang ingin dipesan, dan calon pelanggan dapat memastikan yang pasti dikeluarkan ketika memesan kamar dan dapat membuat calon pelanggan mudah mendapatkan fasilitas. Persaingan ketat di Hotel Resort sangat dirasakan oleh pebisnis, semakin menjamurnya hotel  baru dengan konsep yang lebih inovatif mengakibatkan beralihnya konsumen hotel resort jimbaran ke hotel  yang lain yang menyajikan lebih banyak varian fasilitas memadai. Kondisi tersebut tidak bisa didiamkan dalam waktu lama dan pihak manajemen harus mencari sesuatu yang baru agar dapat menarik minat konsumen kembali. Komunikasi yang kurang dalam upaya menarik minat konsumen mengakibatkan kurangnya pengetahuan mengenai hal-hal yang diinginkan konsumen, kurangnya tingkat pemeriksaan kembali atas bookingan reservasi serta kurangnya berinteraksi dengan konsumen. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tingkat penjualan pada Intercontercontinel Bali Resort bagian Departemen Sales Marketing mengalami peningkatan dan juga karyawan menjadi paham bagaimana cara menghandle maupun melayani konsumen dengan baik.

References

Noviastuti, N., & Cahyadi, D. A. (2020). Peran Reservasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu Di Hotel Novotel Lampung. Jurnal Nusantara, 3(1), 31-37.

Soewarno, E., Hudiyani, A., & Sugiarti, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Abadi Di Pangkalan Bun. Magenta, 9(2), 93-100.

Adha, W. (2020). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran Virtual Account Pada Pembayaran Premi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Octanisa, D. S., Sari, N. R., & Ariani, N. (2018). Pengaruh employee relation terhadap motivasi kerja karyawan intercontinental bali resort. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 2(1), 106-125.

Purwaningrum, H., & Syamsu, M. (2021). Hospitality Industry.

Published

2024-06-15

How to Cite

Wardana, I. M. A. ., Puspitawati, N. M. D. ., Ngurah, I. B. ., & Andika, N. M. K. . (2024). UPAYA PENINGKATAN SISTEM RESERVASI DAN MANAJEMEN DETAIL VCC YANG TERINTEGRASI DI DEPARTEMEN SALES MARKETING INTERCONTINENTAL BALI RESORT. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 451–456. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9377