UPAYA MENINGKATKAN KEBERSIHAN OUTLET DAN KUALITAS PELAYANAN SESUAI SOP PADA ACK FRIED CHICKEN SIBANG GEDE II

Authors

  • Ary Wira Andika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Yundha Idayanti Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kebersihan, Pelayanan, General Cleaning, SOP

Abstract

ACK Sibang Gede II mendapatkan beberapa kali complain dari pelanggan mengenai masalah pelayanan yang lambat dan kurang ramah. Selain pelayanan permasalahan dari ACK Sibang Gede II juga terjadi pada kebersihan outlet, sehingga Siibang Gede II melaksanakan general cleaning wajib setiap bulan dan melaksanakan kebersihan setiap pergantian sift maupun saat sudah tidak ada customer. Selain menjaga kebersihan ACK Sibang Gede II juga harus mempelajari tata cara pelayanan terhadap konsumen atau pembeli sesuai dengan SOP yang ada terutama pada bagian kasir. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di ACK Sibang Gede II yang terletak di Jalan Raya Sibang Gede, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Berdasarkan observasi, ditemukan permasalahan yang dihadapi ACK Sibang Gede II yang mengakibatkan para pelanggan lari ke competitor dan mendapatkan complain dari beberapa pelanggan mengenai masalah pelayanan dan juga kebersihan. Melihat kondisi tersebut, tim pengabdia hadir tim pengabdian hadir untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya kebersihan pada toko dan pentingnya pelayanan yang baik bagi para kastemer. Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman para pegawai mengenai pelayanan dan kebersihan pada suatu tempat usaha.

References

Priyatma, (2021) Pedoman Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. USD. Yogyakarta.

Sailendra, A. (2020) Langkah-Langkah Praktis Membuat SOP (Standard Operating Procedures). Yogyakarta: Trans Idea Publishing.

Tjiptono, F. dan Chandra, G. (2016) Service, Quality dan Satisfaction. 4 ed. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Published

2024-06-15

How to Cite

Andika, A. W. ., & Idayanti, N. L. Y. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEBERSIHAN OUTLET DAN KUALITAS PELAYANAN SESUAI SOP PADA ACK FRIED CHICKEN SIBANG GEDE II. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 329–334. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9357