PENTINGNYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DALAM PEMAKAIAN PURCHASE ORDER (PO) PADA RECEIVING GUNA MEMINIMALISIR TERJADINYA KESALAHAN PENERIMAAN BARANG DI HOTEL HOLIDAY INN RESORT BARUNA BALI
Keywords:
Pengabdian Masyarakat, Produktivitas Karyawan, Purchase OrderAbstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan penguruan tinggi, yang memiliki tujuan agar mahasiswa/i dapat terjun secara langsung untuk menerapkan pengetahuan yang didapat untuk memecahkan masalah yang ada diwilayah tersebut dalam bentuk pengabdian masyarakat. Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, meningkatkan produktivitas karyawan menjadi salah satu strategi penting untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan di hotel. Salah satu contoh aplikasi strategi ini adalah penggunaan Purchase Order (PO) dalam proses Receiving di hotel. Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali, yang terletak di Jl. Wana Segara No.33, Tuban, Kuta, Badung Regency, Bali 80361, Indonesia, Selama melakukan observasi, khususnya terhadap karyawan Receiving diperoleh permasalahan yang terjadi adalah permasalahan pada pemakaian purchase order (PO) oleh karyawan/staf Hotel yaitu, permasalah dalam penerimaan barang karena purchase order yang diminta oleh hotel tidak sesuai dengan yang dikirim. Selain itu, proses approval (persetujuan) oleh divisi atau masing-masing departemen hotel yang terlalu lama untuk dilakukan menjadi penyebab menghambatnya kelancaran aliran bahan baku sehingga purchase order (PO) belum bisa diselesaikan tepat waktu. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi karyawan/staf Hotel, tim pelaksana pengabdian masyarakan memberikan solusi dalam bentuk program kerja yaitu sebagai berikut: Memberikan sosialisasi kepada karyawan/staf Hotel akan pentingnya melakukan approval (persetujuan) bahan baku, melakukan pengawasan dalam proses penerimaan barang Receiving serta melakukan penginputan data barang yang sudah diterima oleh Receiving dengan menggunakan aplikasi Purchaseplus.
References
Murrodah, W. N. (2022). Laporan Kuliah Kerja Magang Prosedur Purchase Order Bahan Baku Pada Pt. Satuduatiga Siippp Group.
Nst, V. F. H. (2023). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu Hotel Di The 7r Restaurant Pada Asean International Hotel Medan. Jurnal Ilmiah Metadata, 5(1), 34-56.
Putra, S. M., & Prianti, D. M. (2023). Purchasing and receiving process in procurement of goods at JHL Solitaire Gading Serpong Hotel. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies, 8(1), 4.
Yanti, N. L. D., Lasmini, N. N., & Suprapto, P. A. (2023). Analisis Pengendalian Internal Penerimaan dan Pengeluaran Barang Persediaan Gudang pada Harris Hotel & Residences Riverview Kuta (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali).
Kurniawan, R., & Lim, J. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terhadap Keputusan Pemilihan Hotel (Studi Pada Hotel Nagoya Hill Batam). Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1227-1237.