PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING HOKISHOPSBALI
Keywords:
Hokishopsbali, Digital Marketing, Digital AccountingAbstract
Salah satu permasalahan yang membuat daya saing UMKM masih rendah adalah terbatasnya kemampuan para pelaku usaha dalam melakukan pemasaran dan kurangnya pengetahuan mengenai pencatatan laporan keuangan berbasis digital. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan untuk mengenalkan produk Hokishopsbali ke pasar yang lebih luas, meningkatkan daya saing UMKM melalui pemanfaatan digital marketing. Dalam pengabdian ini, metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan adalah memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan kepada pelaku UMKM yang menjadi mitra. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan, mitra cukup memahami tentang konsep strategi digital marketing dan mampu menyusun laporan keuangan berbasis digital. Meningkatnya kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran dan penyusunan laporan keuangan diharapkan dapat membantu mitra untuk memperoleh pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing mitra sebagai pelaku UMKM.
References
Indrawan, Dkk. Penerapan Strategi Digital Marketing dan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Oti Snack & Catering Di Kota Cimahi. . Diakses pada 17 Maret 2024 dari
https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/juara/article/view/755/691
Jumriani, DKK. Pendampingan Pelatihan Strategi Marketing Berbasis Digital pada Perajin Tanggui di Bantaran Sungai Kuin Kecamatan Alalak Utara Banjarmasin. Diakses pada 03 Apeil 2024 dari