UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK DENGAN MEMANFAAKAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI CELLULAR MANDIRI
Keywords:
Penjualan produk, Digital marketing, Educational mediaAbstract
Perkembangan teknologi saat ini menuntut seluruh masyarakat untuk siap menghadapi tantangan zaman, karena akan banyak terjadi perubahan di berbagai bidang, khususnya di bidang teknologi. Teknologi kini semakin canggih, pemasaran digital menjadi hal penting untuk mengembangkan usaha bisnis. Secara sederhana, digital marketing adalah upaya pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau internet. Observasi yang dilakukan pada Mandiri Celluler diperoleh informasi adanya penurunan penjualan produk. Hal ini dikarenakan belum adanya cara memasarkan dan melakukan promosi dengan baik dan benar dalam menjual produk dan cara membuat akun media sosial serta adanya fenomena juga kurangnya pemanfaatan digital marketing untuk membantu memasarkan dan melakukan promosi yang efektif. Sebelum masalah ini perusahaan mampu mencapai penjualan sebanyak 500 produk setiap bulannya, namun hal ini berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat sehingga menyebabkan turunnya angka penjualan di toko-toko, hal ini tentunya berdampak pada menurunnya omzet yang dihasilkan. terjadi di Mandiri Seluler.
References
LPPM Unmas Denpasar. (2024). Buku Panduan KKN Alternatif. FEB Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Permadi, I. K. O., Putra, I. G. C., Usadi, M. P. P., & Saptani, N. K. A. (2023). Peningkatan Pemasaran Dan Penggunaan Aplikasi Excel Dalam Pelaporan Keuangan Di BUM Desa Cani Sejahtera Bersama. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(1), 544–550.
Purwana, D., Rahmi. R., & Aditya.S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari,Duren. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1),1-17