STRATEGI PENGUATAN DAYA SAING MELALUI INOVASI PRODUK DAN PROMOSI AKTIF DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA GEPREK CIKGU
Keywords:
Teknologi Digital, UMKM, Media SosialAbstract
Peningkatan teknologi digital memberikan peluang besar bagi UMKM untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing. Dengan memanfaatkan media digital, UMKM dapat menjangkau konsumen secara global dengan biaya pemasaran yang relatif rendah. Usaha Geprek Cikgu adalah salah satu contoh UMKM yang menghadapi tantangan dalam mengelola usahanya. Adapun permasalahan yang dihadapi mitra selama menjalankan usahanya adalah penurunan permintaan dan pendapatan akibat perubahan preferensi konsumen atau kehadiran pesaing yang lebih menarik. Selain itu, keterbatasan jangkauan dan kurangnya koneksi dengan konsumen juga menjadi masalah, yang disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan platform media sosial sebagai alat promosi, serta kurangnya inovasi dalam strategi pemasaran seperti pembuatan konten menarik di media sosial untuk menarik minat konsumen. Adanya permasalahan-permasalahan tersebut mendorong penulis untuk membantu pemilik usaha dalam pengembangan usaha, melalui pengarahan dan pendampingan untuk inovasi peningkatan variasi rasa dan kualitas produk. Selain itu, dilakukan pelatihan strategi promosi aktif dan pemanfaatan fitur-fitur interaktif melalui media sosial Instagram, serta pembuatan konten menarik seperti gambar dan video kreatif melalui aplikasi desain Canva.
References
Hasan, M., Santoso, I., Syahfitri, D., & Karoma, S. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. Journal of Business Management Education, 6(1), 28–39.
Muttaqim, Z., Ningsih, F. A., & Sholihuddin, M. (2021). Penguatan Ekonomi Rumah Tangga dengan Literasi Bisnis Digital pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kendung dan Medokan Ayu–Kota Surabaya. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(2), 35.