APLIKASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DAN OPTIMALISASI KUALITAS KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM BINTANG KLUNGKUNG

Authors

  • I Ketut Setia Sapta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Ika Gebi Gatsu Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Absensi, Sosialisasi, Tanggungjawab, Pelayanan

Abstract

Perkembangan zaman menciptakan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Setiap kegiatan  manusia tidak terlepas dari teknologi, begitu juga dalam bidang kesehatan dalam mengimplementasikan pendaftaran online melalui aplikasi Jaminan Kesehatan Nasional Mobile. Sebagai lembaga kesehatan swasta di kota Klungkung, Rumah Sakit Umum Bintang diharapkan mampu lebih efisien dalam melakukan absensi. Absensi merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah instansi. Disiplin pegawai menjadi tolak ukur produktivitas kerja pegawai. Selain absensi, tolak ukur kedisiplinan juga dilihat dari bagaimana pegawai itu memberikan pelayanan yang baik kepada pasien dan pegawai lebih mampu untuk bertanggungjawab atas inventaris ataupun pemberkasan yang ada di rumah sakit. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada Rumah Sakit Umum Bintang Klungkung. Lokasi ini dipilih karena merupakan tempat yang mempunyai akan materi dan kegiatan yang cocok.  Berdasarkan observasi yang saya lakukan, pegawai Rumah Sakit Umum Bintang kurang disiplin dalam absensi, pelayanan, dan kurang bertanggungjawab atas inventaris serta pemahaman pasien terhadap tata cara pendaftaran online kurang efisien. Metode yang dilakukan yaitu dengan menerapkan sosialisasi kepada pegawai maupun pasien dan metode observasi Pengamatan adalah alat pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati secara sistematik rencana program yang akan dilakukan di rumah sakit. Pada metode ini penulis turun langsung untuk mengamati secara langsung di lokasi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Mengamati secara langsung kegiatan karyawan di RSU Bintang. Beberapa  yang dilakukan dalam pelaksanaan program kerja ialah membuat desain brosur, sosialisasi kepada pegawai dan pembersihan pada inventaris. Setelah pelaksanaan program kerja berjalan dengan baik , terdapat beberapa factor pendukung dalam kelancaran program kerja ialah  direktur RSU Bintang yang mendukung penuh kegiatan ini, Para pegawai RSU Bintang dan pasien serta yang mendukung penuh kegiatan ini, yaitu Tersedianya fasilitas yang memadai seperti ruangan yang membuat nyaman dalam melakukan penelitian.

References

Nabyla, Fuaida., & Hariyono, R. C. S. 2019. Desain Aplikasi Sistem Pendaftaran Online Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Pada Rumah Sakit. Journal of Information System. Vol. 4, No. 2, pp. 168-179.

Permadi, I. K. O., Puspitawati, N. M. D., Usadi, M. P. P., & Lisnawati, N. K. (2023). Optimalisasi Kinerja Pegawai & Transparansi Dalam Penggunaan Dana Bos Melalui Sistem Kerja Sesuai SOP Pada SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 2(2), 850–856.

Rohman, H., Wati,K, A., & Kurniawan, A. 2022. Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Puskesmas. Jurnal Pendidikan Masyarakat.

LPPM. 2022. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar: LPPM

Vipraprasta, T., & Yanti, N. K. S. 2023. Mengoptimalkan dan Mengevaluasi Kinerja Karyawan Untuk Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan Pada CV. Crystal. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA).

Published

2024-06-15

How to Cite

Sapta, I. K. S., & Gatsu, N. K. I. G. (2024). APLIKASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DAN OPTIMALISASI KUALITAS KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM BINTANG KLUNGKUNG. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 19–28. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/9303