PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN OPTIMALISASI METODE PEMBAYARAN PADA TOKO KACAMATA SUNSET EYEWEAR GIANYAR
Keywords:
Digital Marketing, Metode Pembayaran, Sunset Eyewear GianyarAbstract
Artikel ini membahas tentang program pengabdian masyarakat yaitu peningkatan penjualan melalui digital marketing dan optimalisasi metode pembayaran pada toko kacamata Sunset Eyewear Gianyar yang berhasil memberikan solusi bagi usaha mikro dan kecil tersebut. Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi, program ini melibatkan pelatihan penggunaan media sosial dan pendekatan komputerisasi dalam pencatatan keuangan. Melalui metode observasi, wawancara, dan pendampingan, karyawan Sunset Eyewear Gianyar mampu mengadaptasi penggunaan Microsoft Excel untuk pencatatan laporan keuangan yang lebih akurat dan cepat. Dengan partisipasi yang tinggi, karyawan menjadi lebih terampil dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi dan memahami pentingnya pencatatan keuangan yang efektif. Hasil pengabdian ini mampu mengatasi tantangan usaha, seperti metode pembayaran manual dan kurangnya pemanfaatan media sosial. Sebagai hasilnya, toko kacamata ini mampu mengoptimalkan potensi penjualan dan meraih peningkatan pendapatan. Keseluruhan program ini menjadi contoh nyata bagaimana pengabdian masyarakat dapat memberikan dampak positif dalam mengatasi kendala pada UMKM.
References
Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2022). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1-24.
Maryana, Sufiatul, et al. (2022): 1-7. "Digital Marketing Sebagai Strategi Optimalisasi Pemasaran Dan Promosi Dalam Revitalisasi Daya Tahan Ukm Sepatu Menghadapi Pandemi Covid-19 Dan Revolusi Industri 4.0." Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS) 3.1
Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., ... & Indah, S. R. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839.
Sarfiah, S. N. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137-146.
Saudah, S., Adi, D. S., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui pelatihan digital marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358-371