STRATEGI BRANDING UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KECIL KERIPIK KACANG
Keywords:
UMKM, Kemasan, PemasaranAbstract
UMKM merupakan usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk peningkatan penjualan produk melalui program kewirausahaan pada UMKM Keripik Kacang Santi yang berlokasi di Br Kayuamba, Desa Tiga Bangli. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, yaitu aspek pengemasan dan pemasaran. Hasil evaluasi atas kegiatan pengabdian yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan penjualan karena adanya penjualan produk secara eceran. Selain itu, penggunaan digitalisasi dalam proses pemasaran juga membantu UMKM untuk memperluas pangsa pasar diluar desa.
References
Anggraini, N.P.N., Rustiarini, N.W. and Satwam, I.K.S.B. (2022), “Optimalisasi pemasaran digital berbasis media sosial untuk meningkatkan penjualan UMKM”, JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), Vol. 6 No. 6, pp. 4888–4896.
Arsawan, I.W.E., Koval, V., Rajiani, I., Rustiarini, N.W., Supartha, W.G. and Suryantini, N.P.S. (2021), “Leveraging knowledge sharing and innovation culture into SME’s sustainable competitive advantage”, International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 71 No. 2, pp. 1–24.
Darmawan, D. (2017), “Pengaruh kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian produk sayuran hidroponik”, Agrimas, Vol. 1 No. 1, pp. 1–10.
Foster, B., Reyta, F., Johansyah, M.D., Nadeak, B. and Sormin, E. (2020), “Peranan desain kemasan dan branding dalam peningkatan citra merek produk usaha unggulan Bandung Selatan”, Jurnal Comunita Servizio, Vol. 2 No. 2, pp. 479–485.
Kemenperin.go.id. (2020), “Kemenperin: Desain Kemasan Produk IKM Perlu Dukung Protokol Kesehatan”, available at: https://www.kemenperin.go.id/artikel/21965/Kemenperin:-Desain-Kemasan-Produk-IKM-Perlu-Dukung-Protokol-Kesehatan (accessed 23 June 2021).
Rustiarini, N.W., Anggraini, N.P.N. and Satwam, I.K.S.B. (2021), “Perancangan kemasan dupa yang ekonomis dan ramah lingkungan”, Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), Vol. 5 No. 4, pp. 1808–1817.
Shekhar, S.K. and Raveendran, P.T. (2017), “Perceptions and attitudes towards the silent salesman”, International Journal of Business Innovation and Research, Inderscience Publishers (IEL), Vol. 14 No. 1, pp. 104–121.