UPAYA PENINGKATAN KESADARAN KARYAWAN PADA TIM MARKETING MENGGUNAKAN KPI PADA PT. HEROINTI NUSA CABANG KARTINI

Authors

  • I Wayan Sucipta Wibawa Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Yeni Astiti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Wahyu Dwinata JS Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Ngurah Rizky Andika Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

KPI, Marketing, PT. Herointi Nusa

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut perusahaan dan karyawan untuk selalu beradaptasi terhadap perubahan. Perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang secara terus menerus mampu untuk mengembangkan kapasitasnya dengan inovasi dan pemikiran yang baru serta mampu meningkatkan kualitas kerja karyawan untuk mencapai tujuan organisasi yang diharapkan. Oleh sebab itu, perusahaan haruslah melakukan pemberdayaan karyawan secara maksimal dan menentukan faktor yang terbesar yaitu adalah kinerja. Perusahaan harus memiliki strategi manajemen untuk menjelaskan apa yang harus karyawan lakukan dan bagaimana meningkatkan kinerjanya secara dramatis yang terstruktur dan terjadwal secara tepat waktu yang disebut dengan KPI (Key Performance Indicators). Berdasarkan hasil wawancara oleh beberapa karyawan pada bagian HRD di PT Herointi Nusa Cabang Kartini, proses pengisian KPI oleh karyawan maupun SPV atau manajer terkadang kurang tepat waktu sehingga menyebabkan pengambilan keputusan ataupun straategi peningkatan kinerja karyawan menjadi terhambat. Hal itu dapat mempengaruhi produktivitas dari perusahaan tersebut. Sehingga Pengabdian Masyarakat ini dilakukan pada PT Herointi Nusa Denpasar cabang kartini pada bagian Tim Marketing. Kegiatan ini memberikan pemahaman untuk meningkatkan kesadaran akan tujuan dan manfaat dari pengisian KPI (Key Performance Indicator) secara benar dan tepat waktu serta memberikan media berupa google spreadsheet untuk mempermudah pengisian KPI (Key Performance Indicator). Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan berkat adanya dukungan penuh dari pihak – pihak terkait serta antusias dari sales khususnya Tim Marketing.

References

Landep, I. B. G. N. 2022. Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Konsumen Di BCR Consulting Melalui Konsultasi Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Haholongan, R., Sakti, S. H., Diana, A. L., Yusuf, M. 2022. Pengaruh Key Performance Indicators Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Peralatan Rumah Tangga. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 2. No 8. Hal 2763 – 2768

Evita, S. N., Muizu, W. O. Z., Atmojo, R. T. W. 2017. Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale Dan Management By Objectives (Studi Kasus Pada PT Qwords Company International). Pekbis Jurnal. Vol 9. No 1. Hal 18 – 32

Sulistyawan, F., Wurijanto, T., Subiyantono, Y. Y. 2013. Sistem Informasi Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Graphic Rating Scales Dan 360 Derajat. Jurnal Sistem Informasi. Vol 2. Hal 7 – 13

Tillah, S. 2014. Analisis Penilaian Kinerja Organisasi Dengan Menggunakan Konsep Balanced Scorecard Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Payakumbuh. Jurnal Akuntansi. Vol 1. No 1. Hal 1 – 13

Published

2023-11-30

How to Cite

Wibawa, I. W. S., Astiti, N. P. Y., JS, I. P. W. D., & Andika, I. P. N. R. (2023). UPAYA PENINGKATAN KESADARAN KARYAWAN PADA TIM MARKETING MENGGUNAKAN KPI PADA PT. HEROINTI NUSA CABANG KARTINI. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 857–862. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7958