STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL DAN TRANSACTIONAL MARKETING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN ACHIEVEMENT KARYAWAN (Studi Kasus Pada PT. Federal Internasional Finance)
Kata Kunci:
Pemasaran, Strategi, Perusahaan, Karyawan, AchievementAbstrak
Perkembangan teknologi informasi semakin pesat dan mempengaruhi hampir seluruh aspek dan kehidupan dewasa ini. Media sosial bukan lagi sesuatu yang asing dalam masyarakat. Kehadiran media sosial seolah menghilangkan batas jarak dan waktu untuk memperoleh informasi. Adapun permasalahan yang ditemukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat di PT. Federal Internasional Finance yaitu terjadinya penurunan dari achievement karyawan yang menyebabkan berkurangnya pendapatan dari perusahaan. Permasalahan ini dapat diatasi dengan beberapa solusi seperti meningkatkan strategi pemasaran produk melalui media sosial dan transactional marketing. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Achievement karyawan pada PT. Federal Internasional Finance, di mana dalam hal ini karyawan meningkatkan penggunaan media sosial dalam memasarkan produk dan membuat suatu promosi atau voucher dan cash back yang menjadi cara efektif untuk menarik minat nasabah terhadap produk yang ditawarkan karena adanya keuntungan yang didapat oleh nasabah itu sendiri. Hal tersebut bisa dilihat dari semakin banyaknya nasabah yang minat untuk melakukan peminjaman dikarenakan mereka juga mendapatkan keuntungan seperti cash back. Achievement karyawan di PT. Federal Internasional Finance juga sudah mulai meningkat karena karyawan sudah mulai menerapkan pemasaran melalui media sosial mereka dan menggunakan metode baru atau metode Transactional Marketing untuk menarik minat nasabah untuk melakukan kredit atau peminjaman di PT. Federal Internasional Finance.
Referensi
Wirapraja, A., Sudarso, A., Mardia, M., Tojiri, M. Y., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., & Manullang, S. O. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.
Kurniawati, D., & Arifin, N. (2015). Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 1(2).
Triyono, T. (2016). RELATIONSHIP MARKETING STRATEGI MERAIH LABA JANGKA PANJANG. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 12(2).