ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN KUALITAS PELAYANAN PADA JEMBAWAN LAUNDRY DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR USAHA LAUNDRY DI UBUD

Authors

  • Tiara Carina Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Sri Padmadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Strategi Bersaing, Kualitas Pelayanan, Pelatihan, Pendampingan

Abstract

UKM merupakan kegiatan ekonomi kecil yang berpengaruh besar dalam industri rumahan dan kegiatan ekonomi yang memiliki peran besar dalam menyerap tenaga kerja yang besar. Bisnis laundry merupakan salah satu jenis UKM dalam industri rumahan bidang jasa yang sedang berkembang saat ini, ditengah ketatnya persaingan bisnis laundry Jembawan Laundry belum bisa mamanfaatkan strategi bersaing yang baik untuk mencari celah pasar agar dapat bersaing dengan para pesaingnya agar bisnisnya dapat terus berjalan dan berkembang. Untuk itu Jembawan Laundry perlu melakukan analisis persaingan kualitas pelayanan dengan menerapkan metode pelatihan pelayanan dan pembuatan laporan keuangan, pemberian edukasi pemanfaatan teknologi serta pendampingan dalam proses menjalankan kerjasama bisnis. Keberhasilan penerapan strategi ini diikuti dengan berbagai kreatifitas pegawai dalam menciptakan inovasi untuk mampu bersaing mencari celah pasar seperti pembuatan papan nama dan bender agar laundry lebih dikenal, mempromosikan laundry lewat social media, pelatihan pembuatan laporan keuangan yang efektif agar bisnis menjadi terarah serta menerapkan pelayanan yang baik untuk menjaga hubungan kerjasama dengan pelanggan.

References

LPPM. (2022). Buku Panduan Pengabdian Masyarakat 2022 Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar: Unmas Denpasar.

David, F. R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Porter, M. E. (1980). Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Terjemahan: Ir. Agus Maulana MSM. Jakarta: Erlangga.

Hariadi. (2005). Strategi Manajemen. Publishing. Hitt, M. A., Ireland, R. D. Jakarta: Bayumedia.

Hoskisson, R. E. (2001). Manajemen Strategis Daya Saing dan Globalisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Nancy Kaligis, J., & Sicilia Rawung, S. (2022). Analisis Strategi Persaingan kualitas Pelayanan pada UKM Laundry (Studi Kasus pada Bless Laundry Manado). SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), pp. 113-120.

Eko, Jeffry Andriana S. (2013) Strategi Keunggulan Bersaing Pada Diva Laundry Dalam Menghadapi Persaingan Antar Usaha Jasa Laundry Di Mojokerto. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(1), pp. 1-16.

Published

2023-05-21

How to Cite

Carina, T., & Padmadewi, N. K. S. (2023). ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN KUALITAS PELAYANAN PADA JEMBAWAN LAUNDRY DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR USAHA LAUNDRY DI UBUD. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 509–515. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6524