PENINGKATAN PENDAPATAN DAN DAYA SAING PRODUK YONI SKINCARE BALI MELALUI STRATEGI DIGITAL MARKETING
Keywords:
Digital Marketing, Video Konten, PromosiAbstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lingkup dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini. Metode komunikasi pemasaran yang sebelumnya bersifat tradisional dan konvensional, kini telah terintegrasi dalam dunia digital. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital seringkali disebut dengan digital marketing. Yoniskincare, merupakan jenis usaha yang bergerak pada produk kecantikan juga turut andil berupaya untuk memasarkan produknya di ranah digital. Selama ini, Yoniskincare melakukan promosi dengan metode door to door atau jemput bola, dengan menawarkan produk melalui mulut ke mulut. Namun, keadaan ini menyebabkan kurang efektif dan efisiennya perusahaan dalam memperluas jaringan dan informasi mengenai produk perusahaan. Dalam bentuk permasalahan ini, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan yakni pembuatan video konten yang diunggah pada TikTokShop Marketplace, Instagram dan Whatsapp. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 06 Maret s/d 13 April 2023. Setelah dilakukan evaluasi atas program kerja yang telah dilaksanakan, mulai terlihat adanya kenaikan tingkat kunjungan/jangkauan grafik pelanggan pada etalase produk dan peningkatan omzet penjualan produk perusahaan. Dengan demikian evaluasi secara continue perlu dilakukan agar tercapainya tujuan perusahaan.
References
Arya, S. M., Pratama, I. A., Iqbal, I., Siddik, R., & Wahid, R. M. (2022). Strategi Viral di TikTok: Panduan Pemasaran Melalui Media Sosial untuk Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 13(1), 59-67.
Hanadian Nurhayati-Wolff. (2022). Share of Instagram users Indonesia 2022, by age group. Dapat diakses pada tautan berikut: https://www.statista.com/statistics/1078350/share-of-instagram-users-by-age-indonesia/ (diakses pada 11 Maret 2023).
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Schreiner, M., Fischer, T., & Riedl, R. (2021). Impact of content characteristics and emotion on behavioral engagement in social media: literature review and research agenda. Electronic Commerce Research, 21, 329-345.
Statista. (2021). Number of TikTok users in selected countries in 2020 (in millions). Dapat diakses pada tautan berikut: Statista. https://www.statista.com/statistics/1202979/numbe r-of-monthly-active-tiktok-users/ (diakses pada 11 Maret 2023).