UPAYA MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN COFFEE CARTEL DENGAN MENAMBAHKAN VARIAN SUSU DALAM PEMBUATAN MINUMAN

Authors

  • Gregorius Paulus Tahu Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Luh Putu Anggi Suartini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Minat Konsumen, Coffee Cartel, Minuman

Abstract

Kegiatan pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan usaha, mengingat orientasinya dalam memberikan value kepada konsumen. Setiap pelaku usaha di tiap kategori bisnis dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi. Saat ini, kebiasaan nongkrong atau kumpul di café telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, baik para pelajar maupun orang dewasa. Kebiasaan inilah yang membuat banyak pengusaha-pengusaha yang melirik bisnis coffee shop. Usaha Coffee Shop semakin banyak bermunculan di Bali seiring pesatnya perkembangan pariwisata di bali, dimana masing-masing Coffee Shop tersebut  menyajikan  konsep  yang  berbeda-beda  baik  dari  segi  pelayanan,  menu  maupun  fasilitas  yang disediakan. Dengan keberadaan Coffee Shop baru yang bermunculan membuat  persaingan  semakin  ketat. Minat beli konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu variasi menu dan kualitas pelayanan. Persaingan ketat di bisnis coffee shop juga dirasakan oleh coffee cartel, semakin berkembangnya daerah pariwisata di seminyak serta menjamurnya coffee shop baru dengan konsep yang lebih fresh mengakibatkan beralihnya customer coffee cartel ke coffee shop lain yang menyajikan lebih banyak varian menu. Kondisi tersebut tidak bisa didiamkan dalam waktu lama dan pihak manajemen harus mencari sesuatu yang baru agar dapat menarik minat cutomer kembali.

References

LPPM. (2021). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Bencana COVID- 19 (KAPPC). Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Andini & Aditiya. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Prima Media.

Thamrin Abdullah. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Marian Burk Wood. (2009). Buku Panduan Perencanaan Pemasaran. Jakarta: PT INDEKS.

Published

2023-05-21

How to Cite

Tahu, G. P., & Suartini, N. L. P. A. (2023). UPAYA MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN COFFEE CARTEL DENGAN MENAMBAHKAN VARIAN SUSU DALAM PEMBUATAN MINUMAN. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 443–448. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6512