PELAKSANAAN PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) DAN PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM ANILA SILVER

Authors

  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Menuh STIMI Handayani Denpasar
  • Ni Wayan Swari Pradnyani Pinatih Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Penggunaan QRIS, Peningkatan Pemasaran

Abstract

Dengan munculnya berbagai teknologi baru, banyak perusahaan dan pebisnis terinovasi untuk membuat model bisnis yang menarik dengan layanan yang menarik pula. Banyaknya kompetitor menjadi pertimbangan bagi para pengusaha untuk masuk dalam persaingan yang sangat ketat. Perkembangan teknologi ini juga memberikan dampak pada sistem pembayaran dalam sebuah usah yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk mengakses berbagai layanan keuangan, begitu pula dalam bidang pemasaran produk. Dengan adanya marketplace, kini para pemilik usaha dapat memasarkan produknya lebih luas lagi salah satunya melalui aplikasi shopee.  Namun, pada UMKM Anila Silver, adanya perkembangan teknologi ini belum sepenuhnya dilakukan dengan baik. Hal ini dilihat dari belum tersedianya sistem pembayaran berbasis QR yang dapat mempermudah dalam sistem pembayaran. Begitu pula dalam pemasaran produk, UMKM Anila belum memasarkan produknya melalui market place sehingga jangkauan pasarnya belum terlalu luas.

References

Saputri, O. B. (2020). Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard (QRIS) sebagai alat pembayaran digital. Kinerja, 17(2), 237-247.

Nasution, R. A. (2020). Analisis Persepsi Pedagang Pada Penggunaan Qris Sebagai Alat Transaksi Umkm Di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Mahyuni, L. P., & Setiawan, I. W. A. (2021, November). Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 4, pp. 735-747).

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan pemasaran produk dalam memanfaatkan media sosial di era digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44.

Published

2023-05-21

How to Cite

Atmaja, N. P. C. D., Menuh, N. N., & Pinatih, N. W. S. P. (2023). PELAKSANAAN PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) DAN PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK UMKM ANILA SILVER. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 423–427. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6508