MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI UD. SEKAR TUMBEN SERAYA TIMUR PADA ERA DIGITALISASI

Authors

  • I Gede Yudhi Hendrawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Tirtayasa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran, Digitalisasi

Abstract

Toko UD. Sekar Tumben di Jln. Karangasem – Seraya, Br. Dinas Kangin, Seraya Timur, Kecamatan Karangasem adalah salah satu usaha yang menjual sembako atau keperluan rumah tangga lainnya yang mengalami penurunan penjualan di era digitalisasi saat ini. Banyaknya yang belum berkembang karena belum cukup mampu memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan bisnis atau usaha yang dimilikinya. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh usaha toko ini adalah dengan mengoptimalkan social media marketing, pengelolaan website dan meningkatkan pelayanan jasa. Dengan melakukan pemasaran digitalisasi dan pelayanan jasa, pelaku usaha diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan mampu bersaing kembali. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan terhadap pemilik usaha dan karyawan Toko UD. Sekar Tumben bahwa perlu memperhatikan bagaimana strategi kualitas pelayanan dan strategi pemasaran yang tepat, ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk menangani masalah tersebut, yaitu dengan melakukan beberapa cara : 1. Memberikan penyuluhan mengenai pentingnya kualitas pelayanan, 2. Membuat akun sosial media seperti Instagram dan media lainnya untuk membantu promosi dalam meningkatkan penjualan, 3. Membuat dan melatih pembukuan sederhana melalui buku kas, 4. Menerapkan sistem delivery tidak perlu datang ketoko dan bisa diantar kerumahnya. Metode yang digunakan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran adalah memberikan edukasi pelayanan jasa, mengoptimalkan dan membuat akun media sosial dan membuatkan sistem delivery.

References

LPPM. 2022. Buku Panduan Pengabdian Masyarakat Peduli PandemiCovid - 19. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar: LPPM Unmas Denpasar. Peduli Pandemi Covid - 19 Periode | Tahun 2022

Unmas, LPPM. 2021. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Achmad, F. (2019). Analisis Penukaran Delivery Order Online Dan Elektronik Container Equipment Interchange Receipt Terhadap Impor Barang Menggunakan Petikemas Melalui Pt. Tirta Nusantara (Doctoral dissertation, STIA MANAJEMEN DAN KEPELABUHANAN BARUNAWATI SURABAYA).

Published

2023-05-21

How to Cite

Hendrawan, I. G. Y., & Tirtayasa, I. K. (2023). MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI UD. SEKAR TUMBEN SERAYA TIMUR PADA ERA DIGITALISASI. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 396–400. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6503