IMPLEMENTASI PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG USAHA MELALUI OPNAME INVOICE PENJUALAN

Authors

  • Kadek Apriada Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Dwitarosa Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pengendalian Internal, Piutang Usaha, Opname

Abstract

Perusahaan yang menjalankan penjualan secara kredit memerlukan pengendalian internal yang baik. Salah satunya ialah piutang usaha yang harus dikelola sebaik mungkin agar dapat membantu perusahaan dalam memonitor kegiatan penjualannya. Opname invoice penjualan adalah salah satu bentuk implementasi pengendalian internal piutang usaha. Opname merupakan pemeriksaan fisik invoice untuk memastikan setiap invoice yang diterbitkan benar merupakan harta perusahaan dan tidak terjadi penyelewengan. Permasalahan yang ditemukan dari hasil observasi yaitu pengendalian internal piutang usaha di PT. Sinar Karunia Indah yang belum maksimal karena tidak dilaksanakannya proses opname invoice penjualan secara rutin dan berkesinambungan. Solusi yang diberikan atas permasalahan yang ditemukan yaitu melakukan pelatihan terhadap karyawan PT. Sinar Karunia Indah dalam melaksanakan kegiatan opname invoice penjualan demi mewujudkan tercapainya pengendalian internal piutang usaha secara maksimal. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi karyawan yang sangat tinggi. Hal tersebut terbukti dari kesediaan karyawan PT. Sinar Karunia Indah dalam melibatkan diri pada proses pengabdian masyarakat ini mulai dari tahap penyuluhan dan pemahaman, pendampingan dan pelatihan, hingga evaluasi.

References

LPPM UNMAS Denpasar. 2022. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Pandemi Covid-19 (KAPPC). Universitas Mahasaraswati: Denpasar.

Ariyati. 2019. Analisis Pengendalian Internal Piutang Usaha Untuk Meminimalkan Piutang Tak Tertagih. Jurnal Bina Akuntansi, Vol. 6, pp, 98.

Published

2023-05-21

How to Cite

Apriada, K., & Dwitarosa, K. (2023). IMPLEMENTASI PENGENDALIAN INTERNAL PIUTANG USAHA MELALUI OPNAME INVOICE PENJUALAN. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 151–154. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6447