PENGOPTIMALAN PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA KOPERASI DANA SARI YOGA
Keywords:
Kinerja Karyawan, Kredit Bermasalah, Promosi ProdukAbstract
Provinsi Bali merupakan salah satu kompetisi terbaik untuk Koperasi di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari penghargaan yang telah diberikan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia kepada koperasi-koperasi di Bali. Menurut Rudianto (2006), koperasi adalah badan usaha yang mengorganisir pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya ekonomi para anggotanya atas dasar prinsip-prinsip koperasi dan kaidah usaha ekonomi untuk meningkatkan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat daerah pada umumnya dengan demikian koperasi merupakan ekonomi rakyat dan soko guru perekonomian nasional. Keberadaan usaha dalam bentuk koperasi yaitu Koperasi Serba Usaha Dana Sari Yoga Kas Gianyar merupakan lembaga keuangan yang selain menyediakan barang dan jasa, koperasi ini mempunyai peran sebagai penyalur kredit kepada masyarakat selain bank. Koperasi Dana Sari Yoga Kas Gianyar beralamat di Jl. Banteng, By Pass Dharma Giri, Ds. Bitera, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar. Koperasi ini didirikan pada tahun 2020. Koperasi Dana Sari Yoga Kas Gianyar terdiri dari 7 resort yaitu Gianyar, Ubud, Sanur, Klungkung, Batubulan, Payangan, Renon. Koperasi ini memiliki jumlah anggota yaitu 762 orang yang terdiri dari anggota lancar 516 orang dan anggota macet 246 orang. Kredit pun masih menjadi masalah dalam Koperasi Dana Sari Yoga Kas Gianyar. Hal tersebutlah yang mendorong untuk memecahkan kasus bagaimana seharusnya yang dilakukan agar permasalahan kredit dapat diselesaikan. Melihat kualitas yang diberikan oleh Koperasi Dana Sari Yoga Kas Gianyar juga dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas kinerja karyawan serta pelayanan yang berperan dalam mecapai tujuan perusahaan, pada kesempatan ini program kuliah kerja nyata yang dibuat untuk membantu pengoptimalan penyelesaian kredit bermasalah dengan standar penanganan kredit bermasalah antara lain: rescheduling, reconditioning, restructuring, pengambilalihan agunan, write off/pemutihan/penghapusan kredit disesuaikan dengan permasalahan kredit.
References
Abubakar, L., & Handayani, T. (2018). Implementasi Prinsip Kehati-hatian Melalui Kewajiban Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan Perkreditan atau Pembiayaan Bank. Jurnal Rechtidee, 13(1), 62–81.
Budiartha, I. N., Mahendrawati, N. L. M., Astara, I. W. W., Suendra, D. L. O., Mulyawati, K. Mahendrawatiet al.,315R., & Putra, I. M. A. M. (2019). Pembinaan Dan Penyelesaian Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam Hari Sejahtera, Di Desa Bugbug, Kelurahan Bugbug, Kabupaten Karangasem. Community Service Journal (CSJ), Volume 1 Nomor , pp 38–44.
Jebahu, F., Sumarlin, A., & Rohani, R. (2021). Analisis Sistem Pemberian Kredit Dan Penanganan Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam Pintu Air Cabang Akareso Makasssar. MACAKKA Journal, Volume 2 Nomor 1, pp 327-335.
Juliartawan, I Komang., Sunarwijaya, I Ketut., Adiyadnya, Made Santana Putra. (2022). Jumlah Anggota, Jumlah Simpanan, Jumlah Pinjaman, Modal Kerja Dan Sisa Hasil Usaha. Dalam Jurnal Kharisma. Volume 4 Nomor 2.
Mahendrawati, AA Gede Oka Wisnumurti, IB Gede Agustya Mahaputra, IA Cynthia Saisaria Mandasari. (2022). Pembinaan Dan Pendampingan Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada Koperasi Serba Usaha Jimbaraya Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta, Kabupten Badung. Dalam International Journal Of Community Service Learning. Volume 6 Nomor 3, pp 308-316.
Mahendrawati, N. L. M., Budiartha, I. N. P., Antara, I. W. W., & Mandasari, I. C. S. (2020). Pkm Pada Koperasi Simpan Pinjam Mas Sedana Merta Sempidi, Kelurahan Sempidi. Dalam International Journal Of Community Service Learning. Volume 4 Nomor 4, pp 297-303.
Noor, C. M., & Rahmasari, G. (2018). Esensi Perencanaan Bisnis yang Memadai Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 1 Nomor 3.
Primanandi, M. R., Lestari, B. A. H., & Jumaidi, L. T. (2022). Penerapan Sistem Pengendalian Internal Penyaluran Kredit Dalam Hal Mencegah Terjadinya Kredit Macet Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Sejati, Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Volume 2 Nomor 1, pp 85–99.
Rufaidah, E. (2017). Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Koperasi Unit Desa Berbasis Usaha Terbimbing. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, Volume 22 Nomor 2, pp 361–374.
Soedarto, T., Aditiawan, F. P., & Yuliastuti, G. E. (2022). Pendampingan Digitalisasi Usaha Koperasi Unit Desa Sedya Mulya Bojonegoro Berbasis Web. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), Volume 6 Nomor 2, pp 103–110.
Sunarwijaya, I Ketut., Lestari, Ni Nyoman Ayu Purwita. (2022). Pengoptimalan Kinerja Karyawan Serta Pelayanan Terhadap Konsumen Di Shoes and Care Bali Pada Masa Pandemi Covid-19. Volume 1 Nomor 2.