OPTIMALISASI PENCATATAN STOK PERSEDIAAN BARANG DAGANG EMAS 24 KARAT DAN PEMASARAN DI CV. INTAN (TOKO PERHIASAN EMAS BINTANG 52)
Keywords:
Pembuatan buku stokAbstract
CV. Intan (Toko Perhiasan Emas Bintang 52) merupakan salah satu pertokoan emas yang terdapat di wilayah Denpasar Kota. Perusahaan ini beralamat di Jalan Hasanudin No.53 Denpasar, Bali. CV. Intan (Toko Perhiasan Emas Bintang 52) berdiri sejak tahun 1983. Permasalahan yang terjadi di toko ini yaitu sering terjadinya kesalahan dalam pencatatan persediaan barang dagang emas 24 karat, kurangnya pemanfaatan digitalisasi terhadap penggunaan aplikasi microsoft excel dalam menghitung jumlah stok, lemahnya tingkat pengawasan karyawan terhadap barang yang terjual serta kurangnya minat beli konsumen sejak pandemi Covid-19. Solusi yang diberikan yaitu mensosialisasikan kepada karyawan tentang pentingnya pencatatan stok persediaan, pembuatan buku stok untuk pencatatan fisik dan pencatatan stok barang di aplikasi microsoft excel, pembuatan kode barang, pengoptimalisasian pemasaran barang dagang dengan media sosial secara online. Metode yang digunakan yaitu, tahap observasi, tahap persiapan dan penyusunan program kerja, tahap penerapan atau pelaksanaan program kerja, dan tahap evaluasi. Ketercapaian dari kegiatan ini yaitu dengan adanya sosialisasi bisa menurunkan tingkat kesalahan pencatatan stok persediaan, mengurangi tingkat kecurangan dan manipulasi data persediaan karena adanya buku stok dan catatan stok di microsoft excel, dengan adanya kode barang lebih mudah dalam proses pengolahan data, dan mempermudah proses penjualan dan promosi dengan adanya pembuatan akun instagram dan poster.
References
Nafanu, S., & Afoan, F. (2021). Sosialisasi Dan Pelatihan Pengelolaan Persedian Barang Pada Umkm di Masa Pandemik Covid 19 di Kecamatan Kota Kefamenanu. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1012-1015.
Romlah, R., & Zakhra, A. (2021). Perlakuan Akuntansi Persediaan Emas (Studi Kasus Toko Emas di Pasar Prenduan Sumenep Madura). Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi), 9(01), 35-40.
Wahyu, E. E., Fiernaningsih, N., & Hadi, M. (2019). Penerapan Kartu Persediaan Sebagai Sarana Untuk Mempermudah Pencatatan Persediaan Pada Salon Ramanda Ampeldento Kabupaten Malang. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, 12(2), 175-181.
Salain, P. P. P., & Dewi, N. N. P. P. (2022). Optimalisasi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Konsumen Pada Usaha Gandha Sari Murni. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), (Vol. 1, No. 2, pp. 1024-1028).
Atmaja, N. P. C. D., & Agustiari, N. K. D. (2022, May). Penerapan Komputerisasi Stok Persediaan Barang, Pelatihan Pelayanan Untuk Meningkatkan Penjualan dan Pelatihan Penerapan Protokol Kesehatan pada Central Repair Station. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 1, No. 1, pp. 407-412).