STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN USAHA DAN MENINGKATKAN PENGELOLAAN PENCATATAN ADMINISTRASI PADA PT. ADI TANAYA ARCHITECTS

Penulis

  • Johanes Baptista Halik Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Nyoman Putri Puspita Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pemasaran, Absensi Fingerprint, Pencatatan Administrasi

Abstrak

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin maju. Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia dimulai dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, diperoleh permasalahan yang terjadi pada PT. Adi Tanaya Architects adalah kurangnya melakukan pemasaran dan memanfaatkan media sosial pada perusahaan. Selain itu, permasalahan yang juga terjadi pada PT. Adi Tanaya Architects yaitu kurangnya penataan dalam pengelolaan pencatatan administrasi khususnya pada pencatatan gaji, hal ini dikarenakan sistem absensi masih dilakukan secara manual, seperti karyawan hanya memberikan informasi kepada admin jam kerja yang telah mereka lakukan, sehingga tidak terjadinya transparansi yang mengakibatkan pencatatan gaji belum maksimal. Adapun program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan adalah memberikan pelatihan mengenai cara pemasaran menggunakan media sisoal instagram, memberikan pelatihan mengenai cara absensi menggunakan sistem absensi fingerprint, dan melakukan pengelolaan pencatatan administrasi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu mitra dalam meningkatkan penjualan dengan cara memasarkan produknya melalui media sosial instagram dan juga membantu mitra agar mampu mengelola pencatatan administrasinya. Hasil pengabdian ini adalah mitra mampu memasarkan produknya melalui media sosial instagram sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pemasaran, mitra mampu melakukan absensi dengan menggunakan sistem absensi fingerprint dengan cepat, dan mitra mampu melakukan pengelolaan pencatatan administrasi khususnya pada pencatatan gaji menjadi lebih mudah dan sistematis.

Referensi

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34-42.

Anggraeni, dkk. 2020. Pelatihan Administrasi Perkantoran dan Tata Kelola Kearsipan di Desa Wangunharja Kecamatan Lembang. Politeknik Pos Indonesia. 1 (2), 33-36.

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233-247.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar. 2020. Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Peduli Pandemi Covid-19.

Gandhi, M. A. (2017). Penerapan Absensi Finger Print Dalam Mendisiplinkan Kerja Pegawai Di Sekolah Menengah Kejurujan (Smk) Sekolah Menengah Tekhnik Industri (Smti) Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Suwandi, M., Tambunan, H. M. S., & Yusuf, F. (2018). Pengaruh Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Kerja Pada PT. Telkom Indonesia Jakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 1-10.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Halik, J. B., Suryandari, N. N. A., & Sari, N. N. P. P. (2023). STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN USAHA DAN MENINGKATKAN PENGELOLAAN PENCATATAN ADMINISTRASI PADA PT. ADI TANAYA ARCHITECTS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 1134–1140. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5878