ADOPSI STRATEGI DIGITAL MARKETING GUNA MEMPERLUAS PANGSA PASAR UMKM RATIH PANGKONAN BALI DI MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Tumpeng Upakara, UMKM, Protokol KesehatanAbstract
Di masa pandemic covid -19 saat ini membawa dampak yang besar bagi perkembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).UMKM harus mencari strategi yang tepat agar tetap bertahan salah satu strategi di masa pandemi ialah digital marketing yang memungkinkan pelaku UMKM dapat memasarkan produk ratih pangkonan bali diamana ratih pangkonan bali memasarkan produk nya seperti membuat tumpeng ,penek ,pulung ,dan lain-lain ,dalam proses produksinya sangat dipengaruhi oleh banyak sedikitnya hari raya agama hindu pengapdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan mitra produk hal ini menunjukan bahwa dengan diadakannya pengabdian masyarakat dalam memasrkan produknya dengan strategi digital dapat memperluas produk dan dapat meningkatkan minat beli dalam online.
References
ANT, N. (2020). WFH Tak Memujurkan Dagang Banten. https://www.nusabali.com/berita/73095/wfh-tak-memujurkan-dagang-banten
Artayasa, P. (2015). Usaha Sarana Banten Hasilkan Rp 1,5 Juta. https://bali.antaranews.com/berita/82475/usaha-sarana-banten-hasilkan-rp15-juta
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sektor Usaha mikro, kecil, dan menengah serta solusinya. Vol.XIII, No. 10/II/Puslit/Mei/2021.
LPPM. (2022). Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Soma, I. N. (2019). Usaha Tumpeng dan Penek di Desa Satra. https://satra.desa.id/first/artikel/103