PENINGKATAN KEMAMPUAN KARYAWAN DALAM MENGELOLA PERSEDIAAN BARANG DAN PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL SEBAGAI SARANA MARKETING DI CANOPY ART BALI
Keywords:
Mengelola Persediaan Barang, Pemasaran Media DigitalAbstract
Memenuhi kebutuhan customer merupakan tugas bagi semua perusahaan. Hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan adalah pengendalian persediaan. Persediaan adalah salah satu aset termahal dan terpenting yang menyumbang 50% dari total modal yang diinvestasikan sehingga pengendalian persediaan yang baik merupakan hal sangat penting. Perusahaan yang mampu mengelola persediaannya dengan baik akan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan tentu saja dapat menjaga kelangsungan bisnisnya dalam dunia industri saat ini. (Andy., dkk 2015). Canopy Art Bali merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha perdagangan yang didirikan pada 21 Maret 2015 beralamat di Jalan By Pass Ngura Rai No.383 Sanur Kauh, Denpasar Selatan. Canopy Art Bali memulai kegiatan operasionalnya dari pukul 08.00 WITA sampai dengan pukul 18.00 WITA. Canopy Art Bali menjual berbagai macam Canopy, Awning, Roller Blinds, Umbrella dan bahan-bahan untuk kontruksi. Pemasaran mereka saat ini hanya memanfaatkan kunjungan secara langsung dari pelanggan atau konsumen ke toko secara langsung. Maka dari itu penjualan menurun karena kurangnya memanfaatkan pemasaran secara online. Saat menggunakan media digital, kita akan memperoleh informasi terbaru yang dapat diakses secara langsung tanpa kenal waktu dan tempat. Dengan hal ini, kita juga tidak akan ketinggalan kejadian-kejadian viral yang baru saja terjadi seperti gempa, politik, dn lainnya.
References
Atmaja, NPCD, Sukerta, IM, Mertasari NMI, 2022. Pemanfaatan Media Ssosial Sebagai Sarana Promosi Digital UKM Ukiran Bali DI Desa Batubulan Kangin. PROSIDING SEMINAR REGIONAL Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021. 618-625.
Munawaroh Siti, Juli 2016, “Perencanaan Sistem Informasi Persediaan Barang (Studi Kasus : Universitas Stikubank Semarang)” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol XI No. 2 , 124-133
WartaEkonomi.co.id. “Di Tengah Covid-19, Pemasaran Online dan Digital Branding Jadi Pilihan”, https://www.wartaekonomi.co.id/read280988/di-tengah-covid-19-pemasaran-online-dan-digital-branding-jadi-pilihan, diakses pada 7 April 2022
Wijaya Andy, Arifin M., Soebijono t., 2015, “Sistem Informasi Perencanaan Persediaan Barang”, Jurnal Sistem Informasi JSIKA 2 (2015) 14-20.