UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN SUKU CADANG DAN PENCATATAN INVENTORY PT. DWIJATI AGUNG MOTOR DENPASAR

Authors

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Mita Riawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, Sepeda Motor Honda, Inventory, Pemasaran Online

Abstract

Melaksanakan kegiatan sehari-hari tidak terlepas dari yang namanya kendaraan, terutama sepeda motor. Di zaman yang sudah modern ini sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang sangat penting dan dibutuhkan ketika berpergian bekerja, sekolah, atau kemana pun. Sejak merebaknya virus corona atau yang dikenal dengan pandemi covid-19 pemerintah pun membatasi jam buka operasional usaha yang ada dan terjadilah penurunan omzet pelaku usaha yang sangat signifikan. Terdapat beberapa lapangan usaha yang terkena dampak yang paling besar salah satunya yaitu usaha yang bergerak di bidang perdagangan dan pemeliharaan sepeda motor yaitu PT. Dwijati Agung Motor yang terletak di Jl. Tukad Pakerisan No. 56, Panjer, Denpasar Selatan. PT. Dwijati Agung Motor mengalami penurunan omset penjualan selama masa Pandemi Covid-19 ini. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, adanya himbauan dari pemerintah untuk melakukan kegiatan belajar ataupun bekerja dari rumah, fasilitas umum dan pusat perbelanjaan ditutup sementara. Hal ini tentu membuat omset PT. Dwijati Agung Motor mengalami penurunan secara drastis. Pengabdian kepada masyarakat mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar berfokus pada strategi penjualan,pemasaran dan inventory pada PT. Dwi Jati Agung Motor. Strategi penjualan, pemasaran dan inventory tersebut ialah membuka peluang usaha secara online dan melakukan stok opname. Penjualan dan pemasaran dilakukan dengan bantuan platform online seperti IG, FB. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan penjualan juga membuat pencatatan inventory agar lebih rapi dan mudah dipahami meskipun adanya kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat dan social distancing.

References

LPPM. 2021. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid-19 Universitas Mahasaraswati. Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Mahasaraswati Denpasar. Denpasar.

Bisnis.com. 2020. Dihantam Covid-19, Penjualan Sepeda Motor Honda Global Anjlok. Diunduh pada tanggal 29 Agustus 2021 https://otomotif.bisnis.com/read/20200817/273/1279965/dihantam-covid-19-penjualan-sepeda-motor-honda-global-anjlok.

Setiawan, Deni. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Servis pada AHASS Kenari Motor. Jurnal. Program Studi Manajemen. STIE Kesuma Negara. Diakses pada tanggal 5 September 2021

Jurnal.id. 2021. Strategi Pemasaran Produk di Saat Masa Pandemi Wabah Covid’19. Diunduh tanggal 11 Agustus 2021. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-produk-di-saat-masa-pandemi-wabah-covid-19/

Published

2023-01-11

How to Cite

Ribek, P. K., & Riawati, N. W. M. (2023). UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN SUKU CADANG DAN PENCATATAN INVENTORY PT. DWIJATI AGUNG MOTOR DENPASAR. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 987–992. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5843