MENINGKATKAN KUALITAS KERJA DAN PENGETAHUAN KARYAWAN BAGIAN STAFF MELALUI PELATIHAN PELAYANAN VISA PADA KARYAWAN DI PT. MAASAR BALI TO JAPAN

Penulis

  • I Putu Agus Eka Rismawan Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Bunga Sangga Langit Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Visa, Pelatihan, Kinerja

Abstrak

PT. Maasar Bai To Japan merupakan salah satu perusahaan yang melayani jasa visa khususnya untuk para tamu Jepang, yang pada awal mulanya didirikan karena terjadinya suatu kesalahan dalam visa (overstay). PT. Maasar Bali To Japan ini didirikan pada bulan Januari 2003, perusahaan ini diberi nama “MAASAR” karena mengingat jasa dari salah satu keluarga presiden direktur karena beliau telah membantu bekerjasama dalam membangun perusahaan. PT. Maasar Bali To Japan beralamatkan di Jl. Danau Tempe No. 887 Sanur, Denpasar. Untuk meningkatkan kembali kinerja dari karyawan khususnya bagian staff maka dilakukan pelatihan pengetahuan agar dapat karyawan lebih mampu menjelaskan persyaratan perijinan visa secara lebih terperinci. Adapun faktor-faktor pendukung keberhasilan kegiatan ini berupa dukungan yang diberikan oleh seluruh karyawan dan pemimpin perusahaan, antusias kerjasama pemilik yang sangat baik sehingga memudahkan dalam segala bentuk penyuluhan, pemahaman, dan pendampingan. Hasil pengabdian pada PT. Maasar Bali To Japan dari semua pelatihan dan pendampinan yang sudah dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas kerja dan pengetahuan yang telah dilakuka ini telah berhasil ditingkatkan, melalui pelatihan pelayanan khususnya bagian visa ini di harapkan meningkatkan kesadaran dalam diri untuk lebih banyak belajar.

Referensi

Hasibuan, Malayu S.P. (2016) Manajemen Sumber Daya manusia. Edisi Revisi Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Operasi prosedur manual PT. Maasar Bali To Japan.

LPPM Unmas. 2022. Buku Pedoman Pengabdian Masyarakat. Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Rismawan, I. P. A. E., & Langit, I. G. A. B. S. (2023). MENINGKATKAN KUALITAS KERJA DAN PENGETAHUAN KARYAWAN BAGIAN STAFF MELALUI PELATIHAN PELAYANAN VISA PADA KARYAWAN DI PT. MAASAR BALI TO JAPAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 983–986. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5842