UPAYA DALAM MENGOPTIMALKAN PENJUALAN PRODUK DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA PT MEGA TIARA SINAR ABADI CABANG GUNUNG AGUNG

Authors

  • I Gusti Ngurah Agung Eka Teja Kusuma Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ade Puspita Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Covid-19, Upaya Mengoptimalkan Penjualan

Abstract

Di tengah memburuknya kondisi ekonomi global akibat pandemi ini, virus corona turut menekan dunia usaha semua sektor di Indonesia termasuk pada usaha penjualan sepeda motor. Pandemi Covid-19 telah membuat industri otomotif terpuruk dalam beberapa waktu lalu. Di kondisi pasca pandemi ini sangat mempengaruhi kinerja perusahaan, karena dalam kasus ini semua lapisan masyarakat baik itu lapisan atas, menegah dan bawah terkena dampak dari virus corona yang mengakibatkan turunnya pendapatan dan daya beli masyarakat. Turunnya pendapatan dan daya beli masyarakat memiliki dampak yang besar ke dalam sektor perdagangan, salah satunya sektor penjualan produk sepeda motor vespa pada PT Mega Tiara Sinar Abadi Gunung Agung, dalam kurun waktu 1 tahun terakhir penjualan vespa di PT Mega Tiara Sinar Abadi Gunung Agung  mengalami penurunan penjualan. Sehingga diharapkan karyawan pada PT Mega Tiara Sinar Abadi Gunung Agung dapat meningkatkan penjualan di masa pandemi Covid-19 ini dengan menerapkan strategi-strategi. Hasil yang dicapai dalam program ini adalah: 1) Sosialisasi terkait strategi yang akan dijalankan dalam upaya mengoptimalkan penjualan, 2) Pelaksanaan strategi promosi penjualan melalui sosial media dan follow up telepon konsumen pembelian sebelumnya yang dilakukan oleh karyawan bagian penjualan, 3) Pelaksanaan strategi promosi penjualan melalui kegiatan kanvasing, 4) Melakukan pengontrolan dan pendampingan terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut.

References

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

LPPM, 2022. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Peduli Bencana Covid 19. Pusat Kajian Pemberdayaan Masyarakat dan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Mahasaraswati Denpasar

Muhammad Ramdan, 2021. Cara Piaggio Indonesia Tetap Eksis di Tengah Pandemi. https://id.motor1.com/news/499359/piaggio-indonesia-stabil-pandemi/.

Profil PT Tiara Indah Abadi Cabang Gunung Agung, 2016. Profil PT Tiara Indah Abadi Cabang Gunung Agung. Denpasar. Bali

Ulya Anwari, M., Khuzaini, & Setia Noor, A. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Melalui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Produk Sepeda Motor Honda Di Masa Pandemi Virus Corona, Studi Kasus Cv.Trio Motor Tanjung

Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas. Vespa

Published

2023-01-11

How to Cite

Kusuma, I. G. N. A. E. T., & Dewi, A. P. (2023). UPAYA DALAM MENGOPTIMALKAN PENJUALAN PRODUK DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA PT MEGA TIARA SINAR ABADI CABANG GUNUNG AGUNG. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 916–924. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5831