OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV CELLULAR WORLD DENPASAR DI MASA PANDEMI COVID 19

Penulis

  • I Ketut Setia Sapta Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Bagus Rama Sanjay Putra Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Covid 19, Media Sosial, ,Optimalisasi, Penjualan

Abstrak

Saat pandemi Covid-19 menyebar diseluruh dunia termasuk di Indonesia, aktivitas yang dilakukan menjadi terbatas. Demi mencegah penyebaran virus corona, pemerintah membuat kebijakan yang harus dipatuhi oleh masyarakat yaitu melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).  Adanya pandemic covid 19 ini berdampak pada penjualan di CV Cellular World Denpasar, karena toko-toko serta perkantoran menjadi salah satu penyebab rantai penyebaran covid 19. Permasalahan yang ditemukan menurunnya penjualan pada CV Cellular World Denpasar, kurang mengoptimalkan penggunaan media social untuk promosi, dan berkurangnya jumlah konsumen yang datang ke toko. Solusi yang dapat diberikan yaitu meningkatkan pengetahuan para karyawan tentang promosi di media sosail, mengoptimalkan promosi di media social untuk meningkatkan penjualan, dan mengoptimalkan penggunaan whatsaap bussines untuk menghubungi konsumen satu persatu dan menawarkan home delivery. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat terkait Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Pada CV Cellular World Denpasar di Masa Pandemi Covid 19 melalui pemberian edukasi kepada karyawan lain, dan memaksimalkan penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan. Melalui kegiatan ini penjualan pada CV Cellular World Denpasar di Masa Pandemi Covid 19 berhasil ditingkatkan. Adapun faktor-faktor yang mendukung kegiatan ini tersedianya fasilitas pendukung dan konsistensi dari semua karyawan dalam memaksimalkan media social untuk promosi.

Referensi

Dwijayanti, Andina, dan Pramesti, Puji. "Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19." Ikra-Ith Abdimas 4.2 (2021): 68-73.

Latief, Nurahmah. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Omzet Penjualan Handphone Pada DP Store Makassar. Diss. Universitas Negeri Makassar, 2019.

Puspitarini, Dinda Sekar, dan Nuraeni, Reni. "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi." Jurnal Common 3.1 (2019): 71-80.

https://kbbi.web.id/solusi, Diakses Pada 8 Maret 2022

https://www.jurnal.id/id/blog/whatsapp-marketing/ , Diakses Pada 9 Maret 2022.

https://www.kompasiana.com/arwindapy/56fe542ec322bda51afe30fb/beberapa-kendala-yang-terjadi-dalam-media-sosial-marketing , Diakses Pada 20 Maret 2022.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Media_sosial , Diakses Pada 20 Maret 2022. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Media_sosial , Diakses Pada 20 Maret 2022

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Sapta, I. K. S. ., & Putra, I. G. B. R. S. (2023). OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA CV CELLULAR WORLD DENPASAR DI MASA PANDEMI COVID 19. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 828–833. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5813