OPTIMALISASI PENGEMBANGAN PRODUK KOPERASI SIMPAN PINJAM SECARA ONLINE SERTA STRATEGI MENGATASI KREDIT MACET PADA KSP BALI DHARMA SAMAYA

Penulis

  • I Gusti Ayu Asri Pramesti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Wayan Windy Oktavani Dewita Sari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang sangat berdampak pada kegiatan usaha di bidang keuangan seperti Koperasi. Koperasi sangat penting karena koperasi sebagai tempat untuk bisa menyimpan modal. Koperasi juga bisa memberikan pinjaman atau tambahan modal bagi anggota yang memerlukan tambahan modal. Koperasi mampu memberikan dana pinjaman untuk kebutuhan sehari-hari untuk biaya pengobatan, biaya pendidikan, dan biaya-biaya lainnya. Sejak merebaknya virus corona atau yang dikenal dengan pandemi covid-19 terjadi menurunnya antusias anggota pada produk dalam perencanaan maupun optimalisasi media online dalam suatu kegiatan dalam Koperasi simpan pinjam dan Terjadinya kredit macet pada Koperasi Simpan Pinjam Bali Dharma Samaya. Berdasarkan hal tersebut penulis berinisiatif untuk membantu Koperasi Simpan Pinjam Bali Dharma Samaya yang mengalami dampak pandemi melalui optimalisasi pengembangan produk koperasi simpan pinjam secara online serta strategi  mengatasi kredit macet. Dengan demikian solusi dari permasalahan yang terjadi adalah pengoptimaisasi pemanfaatkan penggunaan media sosial dikarenakan mudahnya mendapatkan konsumen sehingga mempermudah proses promosi karena konsumen dapat dengan mudah mengakses dan melihat langsung produk yang dijual.

Referensi

Hasanah, H., & Hanifah, A. (2020). Implementasi Model Pengembangan Pengelolaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1), 37-46.

Hasibuan, A., Jamaludin, J., Yuliana, Y., Sudirman, A., Wirapraja, A., Kusuma, A. H. P., & Simarmata, J. (2020). E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

UniversitaMahasaraswati Denpasar. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mahasaraswati Denpasar tentang Pedoman Kuliah Kerja Nyata. Denpasar.

Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.

Yudha Pratama, M. (2020). New Media Sebagai Alat Komunikasi Bagi Periklanan Produk-Produk Retail Marketplace (Studi pada akun Facebook dan Instagram Multiaksesoris) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Zendrato, W. (2020). Gerakan mencegah daripada mengobati terhadap pandemi covid-19. Jurnal Education and development, 8(2), 242-242.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Pramesti, I. G. A. A. ., & Sari, N. W. W. O. D. . (2023). OPTIMALISASI PENGEMBANGAN PRODUK KOPERASI SIMPAN PINJAM SECARA ONLINE SERTA STRATEGI MENGATASI KREDIT MACET PADA KSP BALI DHARMA SAMAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 717–722. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5762