PENATAAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN DI KANTOR NOTARIS PUTU INDAH PARAMITHA DIANA, SH., M.Kn

Penulis

  • Ni Luh Gde Novitasari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Anak Agung Istri Indah Tiksnawati Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Laporan keuangan, Kinerja karyawan, Sistem elektronik

Abstrak

Perusahaan jasa merupakan sebuah perusahaan yang bergerak atau berorientasi pada bidang penyediaan berbagai pelayanan yang memberikan kenyamanan atau kenikmatan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Suatu perusahaan jasa maupun barang perlu memiliki keuangan yang tertata rapi. Keberhasilan sebuah perusahaan sangatlah dipengaruhi oleh kinerja para karyawannya. Kinerja merupakan sebuah prestasi sorang karyawan dalam pekerjaannya, yaitu perbandingan antara hasil kerja seorang karyawan secara nyata dengan standar kerja yang sudah ditetapkan perusahaan sebelumnya. Dalam dunia bisnis, kebutuhan akan jasa Notaris dan Pembuat Akta Tanah (PPAT) tidak terelakkan. Kebutuhan akan jasa Notaris dan PPAT bisa bervariasi, mulai dari pendirian PT (Perseroan Terbatas), membuat akta, legalisasi dokumen, waarmerking, dan jasa lainnya. Permasalahan yang timbul setelah dilakukan observasi dan pengamatan secara berkelanjutan, yaitu adanya laporan keuangan yang kurang tertata dengan rapi serta sulitnya karyawan dalam mengikuti perkembangan sistem elektronik yang dirancang oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) sehingga kualitas kinerja karyawan perlu ditingkatkan seiring berkembangnya jaman.

Referensi

Sattar. 2017. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: CV Budi Utama. pp.34.

Yayat, M. Herujito. Dasar-Dasar Manajemen. 2001. Bogor: Gramedia. pp.281

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-11

Cara Mengutip

Novitasari, N. L. G., & Tiksnawati, A. A. I. I. . (2023). PENATAAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENINGKATAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN DI KANTOR NOTARIS PUTU INDAH PARAMITHA DIANA, SH., M.Kn. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(2), 677–680. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/5753