PENGEMBANGAN USAHA PERDAGANGAN DI TOKO ERIMAREBANGUN DI MASA COVID-19

Authors

  • Anak Agung Putu Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Kadek Aditya Dwipayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

busana adat, promosi, pandemi, covid-19

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat merupakan program Universitas Mahasaraswati sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapanggan kepada mahasiswa tentang kondisi perusahaan secara langsung dan juga untuk membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab mahasiswa selama melaksankan kegiatan. Salah satu perusahaan yang menjadi lokasi tempat penulis yaitu, Toko Erimarebangun yang beralamat di Jl. Peliatan 1, Tebesaya Peliatan Ubud. Perusahaan ini bergerak dibidang perdagangan yang menjual pakian sampai aksesoris busana adat Bali, berbagai macam pakaian yang bisa dikenakan mulai dari balita hingga orang dewasa. Pelaksanaan program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan dan lebih mengoptimalkan pelayanan dengan baik. Pada masa pandemi Covid-19 ini tidak hanya menyerang manusia tetapi juga menyerang sektor perekenomian di dunia, tidak terkecuali Indonesia, dengan segala permasalahan yang timbul akibat efek berantai yang diakibatkannya. Perusahaan yang terkena imbas Covid-19 ini mulai bingung karena berkurangnya pemasukan dan perkembangan usaha perdagannya yang dapat merugikan perusahaan. Untuk menghindari kerugian tersebut maka perusahaan harus memberikan pemahaman kepada karyawan dengan mengoptimalkan promosi penjualan. Pemahaman yang diberikan berupa melakukan promosi di media sosial, memberikan kualitas gambar yang baik guna daya tarik konsumen, melakukan update rutin di media sosial, serta memberikan pelayanan gratis ongkir kepada konsumen daerah Bali.

Published

2022-05-29

How to Cite

Agung, A. A. P. ., & I Kadek Aditya Dwipayana. (2022). PENGEMBANGAN USAHA PERDAGANGAN DI TOKO ERIMAREBANGUN DI MASA COVID-19. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 343–346. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3899