STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM ARTHA BHASKARA MANDIRI

Authors

  • I Wayan Gede Antok Setiawan Jodi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Sani Pratiwi Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Digital Marketing, Efisiensi Operasional, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing KSP Artha Bhaskara Mandiri melalui optimalisasi pengelolaan keuangan dan strategi pemasaran digital dengan pendekatan berbasis pelatihan, implementasi sistem digital, serta evaluasi berkelanjutan. Program ini dilaksanakan melalui observasi, pelatihan, implementasi sistem digital, serta evaluasi berkala untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan keuangan, kepatuhan terhadap SOP, dan efektivitas strategi digital KSP Artha Bhaskara Mandiri. Program pengelolaan keuangan dan digital marketing di KSP Artha Bhaskara Mandiri mencakup pelatihan karyawan, pengembangan sistem pemasaran digital, edukasi sistem kerja koperasi, serta penerapan siklus akuntansi guna meningkatkan efisiensi operasional, transparansi keuangan, dan kepercayaan anggota, didukung oleh penyusunan SOP, pendampingan implementasi sistem digital, serta monitoring dan evaluasi berkala untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan koperasi.

 

References

Ghozali, G., Nuraeni, E., & Novita, M. D. (2024). Strategi pemasaran terintegrasi dalam pengambilan keputusan pengajuan kredit. Jurnal Manajemen & Budaya, 4(1), 58–69.

Pramadian, B., Sari, L., & Septiano, R. (2025). Optimalisasi strategi bisnis koperasi X di Bukittinggi melalui digital marketing dan pengelolaan keuangan yang efektif. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 5(2), 2077-2083.

Prassida, G., & Maulida, M. R. (2023). Perencanaan strategis sistem informasi koperasi konsumen Warga Semen Gresik dengan pendekatan enterprise architecture planning. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis, 5(2), 141-148.

Setiawan, R. D., & Pratama, M. A. N. (2025). Optimalisasi strategi koperasi simpan pinjam di SMK Taruna Jaya Prawira Tuban dalam mendukung kesejahteraan guru. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(3), 5621–5633.

Published

2025-11-28

How to Cite

Jodi, I. W. G. A. S., & Pratiwi, K. S. (2025). STRATEGI PENGELOLAAN KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM ARTHA BHASKARA MANDIRI. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 1217–1222. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/13072