OPTIMALISASI KINERJA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RESTORAN CV DTUKAD RIVER CLUB BALI

Authors

  • Ni Nyoman Ayu Suryandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Komang Ayuk Astutik Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Frischa Faradila Arwinda Mongan Universitas Kristen Indonesia Paulus
  • Carolus Askikarno Palalangan Universitas Kristen Indonesia Paulus

Keywords:

kinerja karyawan, kualitas pelayanan, sop

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Restoran CV Dtukad River Club Bali dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan utama yaitu belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang terdokumentasi, rendahnya konsistensi pelayanan, serta belum adanya sistem evaluasi kinerja yang terstruktur. Program pengabdian dilakukan melalui penyusunan SOP pelayanan, evaluasi kinerja berbasis SOP, serta pemberian penghargaan dan pembinaan terhadap karyawan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh program telah terealisasi 100% dengan adanya peningkatan pemahaman karyawan mengenai standar pelayanan, terciptanya pedoman kerja yang lebih konsisten, serta meningkatnya motivasi kerja melalui sistem penghargaan. Faktor pendukung utama keberhasilan program ini adalah dukungan penuh dari manajemen, antusiasme karyawan, serta fasilitas yang memadai. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan profesionalisme karyawan dan kualitas pelayanan restoran, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kepuasan pelanggan dan daya saing usaha di sektor pariwisata Bali.

References

Askikarno, C., Suryandari, N. N. A., & Utami, N. P. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Kas Dan Sistem Pembukuan Sederhana Persediaan Barang Di UD. Suksma Agung. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 1127-1133).

Aulia, M. R., & Siregar, M. P. A. (2023). Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan PT. Langkat Nusantara Kepong. IKHLAS: Jurnal Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 2(1), 56–61.

Mongan, F. F. A., Suryandari, N. N. A., & Lestari, I. D. A. M. D. (2022). Meningkatkan Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Dan Sistem Pembukuan Sederhana Pada UMKM Di Desa Tamanbali. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 1119-1126).

Putri, D. M. W. K., Suryandari, N. N. A., & Sukerta, I. M. (2022). Pemberdayaan UMKM Pengrajin Topeng Dewa Suda Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Desa Kenderan, Tegallalang Gianyar. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar (Vol. 1, No. 1, pp. 114-123).

Suryandari, N. N. A., Sukerta, I. M., & Mbing, Y. M. (2022). Pengembangan Usaha Berbasis Digital Pada UMKM Gautama Lamp Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar (Vol. 1, No. 1, pp. 185-192).

Suryandari, N. N. A., Putra, N. K. I. P. A., Mongan, F. F. A., & Palalangan, C. A. (2025, May). Optimalisasi Pencatatan Data Dan Pelatihan Penggunaan Google Form. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 4, No. 1, pp. 314-318).

Suryandari, N. N. A., Dwiyantini, N. M. D., Mongan, F. F. A., & Palalangan, C. A. (2024, December). Optimalisasi Pencatatan Pengeluaran Dan Perbaikan Sistem Inventory Beverage Beer Dengan Metode Part Stock Perdaily. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 3, No. 2, pp. 952956).

Suryandari, N. N. A., & Novitasari, S. S. A. (2024, December). Pemasaran Aplikasi Garbasita Dan Whatshap Bot Terkait Pelanggaran Perda Di Kantor Satpol PP Kota Denpasar. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 3, No. 2, pp. 983-988).

Dewi, N. M. S. S., Suryandari, N. N. A., Widyari, N. Y. A., & Sastrawan, I. K. (2024, June). Optimalisasi Pencatatan Stok Persediaan Dengan Kartu Stok Dan Pemeriksaan Omzet Harian Di Rockpizz Music. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 3, No. 1, pp. 457-463).

Sutrisno, H., & Lestari, D. (2023). Peran Pengabdian Masyarakat dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Pendidikan.

Yuliana, M. (2021). Model Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Pemberdayaan. Bandung: CV. Media Karya Nusantara.

Published

2025-11-28

How to Cite

Suryandari, N. N. A., Astutik, K. A., Mongan, F. F. A., & Palalangan, C. A. (2025). OPTIMALISASI KINERJA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RESTORAN CV DTUKAD RIVER CLUB BALI. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 669–675. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/12862