TRANSFORMASI DIGITAL UMKM MELALUI EDUKASI BRANDING DAN PROMOSI SOSIAL MEDIA

Authors

  • I Kadek Bagiana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Novi Pramita Ulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Katherine Yoniantari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Transformasi Digital, UMKM, Edukasi Branding, Promosi Sosial Media

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas promosi digital dan identitas visual UMKM Yuli Sukadana Crochet yang berlokasi di Desa Kemenuh, Gianyar. Permasalahan yang dihadapi mitra mencakup belum adanya plang nama usaha yang representatif serta rendahnya kemampuan dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Melalui tahapan observasi, perencanaan, implementasi, dan evaluasi, program ini memberikan dua solusi utama: pemasangan plang nama usaha dan pembuatan konten promosi digital berbasis Instagram. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan visibilitas usaha, interaksi digital, serta antusiasme mitra dalam mengelola media sosial secara mandiri. Intervensi sederhana yang dilakukan secara partisipatif ini terbukti mampu menjembatani kesenjangan teknologi dan mendorong transformasi digital berbasis komunitas bagi UMKM di era digital.

References

Bagiana, I. K., & Dwipayana, C. N. (2024). Pelatihan inovatif untuk transformasi UMKM Putra Topeng dalam manajemen keuangan dan pemasaran digital. Journal of Sustainable Community Development, 2(3), 120-126.

Bagiana, I. K., Agustina, P. A. A., & Putri, I. G. A. P. N. (2024). Strategi Efisiensi Penginputan Stok dan Peningkatan Kepuasan Pelanggan di Jepunayu Salon. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 3, No. 1, pp. 264-270).

Fajrina, N., & Pramesti, R. D. (2023). Peran Elemen Visual Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Kemasan Produk. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 8(2), 322-332.

Hamidah, I., & Panduwinata, L. F. (2022). Pemasangan Plang Arah Jalan Sebagai Upaya Peningkatan Fasilitas Desa Medalem Kecamatan Modo. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 3(2), 45-50.

Hasanah, N., & Monica, A. V. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat: Pemilihan Pendekatan, Strategi, Model dan Metode Pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 45-53.

Marta, W., & Usman, R. (2022). Branding Alfafa Sirup Kayu Manis Minuman Khas Kerinci. Tradisign: Jurnal Pustaka Desain dan Budaya, 1(1), 1-11.

Published

2025-05-27

How to Cite

Bagiana, I. K. ., Ulandari, N. P. N. P. ., & Yoniantari, N. P. K. . (2025). TRANSFORMASI DIGITAL UMKM MELALUI EDUKASI BRANDING DAN PROMOSI SOSIAL MEDIA. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 586–593. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11711