OPTIMALISASI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN DI TOKO SEMBAKO AKE JAYA
Keywords:
UMKM, Komunikasi Internal, Service Excellence, StrategiAbstract
Toko sembako sekarang ini, mendapatkan tekanan yang semakin besar untuk meningkatkan kualitas layanan demi mempertahankan loyalitas pelanggan dan bersaing dengan pasar modern serta platform e-commerce. Adapun tantangan dan kendala internal yang dihadapi seperti kurangnya service excellence dari SDM, koordinasi dan penyelarasan tujuan harian seperti melaksanakan morning briefing, terbatasnya pengembangan layanan online seperti promosi di media sosial salah satunya Instagram. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada UMKM mengenai komunikasi internal melalui morning briefing, service excellence kepada pelanggan dan strategi untuk meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah implementasi yang dilakukan dengan pemberian materi dan edukasi serta pendampingan secara langsung pada pelaku UMKM. Kegiatan ini memberikan peningkatan terhadap pemahaman mahasiswa magang mengenai pengelolaan sumber daya manusia yang baik.
References
Maulyan, et al. (2022) ‘Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review’, Jurnal Sains Manajemen, 4(1), pp. 8– 17. Available at: https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.660.
Prabaningtyas dan Lucki (2023) Proses Komunikasi Internal Dalam Bisnis Keluarga PT. Dipram Group Management (Perseroan). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Pratami, et al. (2022) ‘Sosialisasi Cara Pembukuan Laporan Keuangan Sederhana Bagi Pelaku Umkm