UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PADA PENGINAPAN WHITE HOUSE
Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan, Citra HotelAbstract
Laporan ini menyajikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelatihan peningkatan kualitas layanan di Penginapan White House, Ubud, Gianyar, Bali. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana dari Universitas Mahasaraswati Denpasar pada periode 18 Juli hingga 19 Agustus 2024. Analisis situasi awal menunjukkan bahwa kualitas layanan pelanggan dan citra hotel belum optimal, yang berpotensi mengurangi kepuasan pelanggan. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pelatihan dan sosialisasi kepada staf mengenai pentingnya kualitas layanan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan staf, dengan realisasi capaian program mencapai 100%. Diharapkan, laporan ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan layanan di sektor pariwisata dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.
References
Ananda, S., & Devesh, S. (2016). Service quality and customer satisfaction: A study in the perception of retail banking customers in oman.Economic and Social Development: Book of Proceedings, 333.
Ardan, F. (2021). PKM: Pengertian, Bentuk Kegiatan, Bidang, dan Tujuan.Media Indonesia.
Azzahra, A., & Nainggolan, B. M. (2022). Pengaruh media sosial, e-wom, citra merek, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di R Hotel Rancamaya.SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 481-496.
Mendra, N. P. Y., & Pradnyani, N. L. P. S. P. (2024, June). Strategi dalam meningkatkan kinerja karyawan dan mengoptimalkan sistem pencatatan akuntansi pada satker biro logistik polda bali. Inprosiding seminar nasional pengabdian masyarakat (senema) (vol. 3, no. 1, pp. 489-493).
Saputra, S., & Sudarsa, R. Y. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Grand Setiabudi Hotel & Apartment. Pro Mark, 9(2), 11-11.