PENINGKATAN KUALITAS SDM UNTUK MENGURANGI COMPLAIN KERUSAKAN BAGASI PADA PT GAPURA ANGKASA DIVISI LCC DENPASAR

Authors

  • Luh Pande Eka Setiawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Angie Ayu Asmarani Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Kualitas SDM, Komplain Bagasi, Evaluasi Kerja, Wrapping Barang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka mengurangi keluhan penumpang terkait kerusakan bagasi di PT Gapura Angkasa Divisi LCC Cabang Denpasar. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi untuk pengamatan langsung, soft program yang mencakup sosialisasi kepada pegawai, hard program yang melibatkan kegiatan riil bersama pegawai, dokumentasi untuk pencatatan data, serta metode evaluasi untuk menilai hasil implementasi program. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Pengabdian Masyarakat angkatan 47 periode II tahun 2024 berjalan lancar sesuai rencana. Kesimpulan dari pelaksanaan program ini adalah bahwa kegiatan telah terlaksana dengan baik berkat dukungan dari maskapai terkait, pemimpin divisi, dan staf. Implementasi penanganan bagasi yang lebih baik diharapkan dapat mengurangi keluhan penumpang dan meningkatkan kualitas SDM dalam menangani bagasi yang rentan rusak.

References

Disastra,I.F.,&Ginusti,G.N.(2022).PengaruhPenangananBagasiTerhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Citilink Oleh Pt Gapura Angkasa Di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 820–830.

Faiz Albana, & Dinarintan Melinda Firdausy. (2022). Pengaruh Kinerja Penanganan Dan Kualitas Pelayanan Bagasi Terhadap Kepuasan Penumpang Di Maskapai Citilink Rute Malang – Jakarta. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(3), 310–319. https://doi.org/10.55606/jaem.v2i3.355

Ihsan, M., Nohong, M., & Jilbert, J. (2022). Quality of Service on Passenger Satisfaction at PT. Gapura Angkasa at Sultan Hasanudin Makassar International Airport. The Scientia Journal of Financial Issues, 1(2), 1–9.

Yuliarti, E. (2019). Pelaksanaan Standart Operasional Prosedur Penanganan Bagasi Pt. Garuda Indonesia Di Bandar Internasional Lombok. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Published

2024-12-11

How to Cite

Setiawati, L. P. E. ., & Asmarani, A. A. . (2024). PENINGKATAN KUALITAS SDM UNTUK MENGURANGI COMPLAIN KERUSAKAN BAGASI PADA PT GAPURA ANGKASA DIVISI LCC DENPASAR. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 1170–1175. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10491