PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KATALOG PRODUK SERTA LIVE PRODUK KIRANA KEBAYA BALI
Keywords:
Katalog Produk, Live, Pemasaran DigitalAbstract
Pemasaran digital adalah metode promosi produk yang memanfaatkan platform digital untuk menjangkau konsumen secara cepat dan tepat. Salah satu strategi efektif adalah penggunaan foto produk yang menarik, yang dapat dipublikasikan melalui media online seperti instagram atau brosur digital. Kirana Kebaya Bali, sebuah UMKM di bidang fashion yang menawarkan berbagai busana adat dengan harga terjangkau, menggunakan strategi pemasaran digital melalui katalog instagram dan live di platform seperti TikTok. Namun, karyawan Kirana Kebaya Bali menghadapi beberapa tantangan, termasuk kurangnya pemahaman dalam berinteraksi dengan pelanggan secara live dan pentingnya kualitas foto produk. Penting untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi karyawan agar mereka dapat lebih efektif dalam menggunakan media sosial, memahami produk, dan memaksimalkan strategi pemasaran digital. Katalog online juga berperan penting dalam mempermudah konsumen dalam memilih dan membeli produk secara efisien. Metode pelaksanaan untuk pelatihan dan pendampingan pembuatan katalog produk serta live produk di Kirana Kebaya Bali meliputi metode observasi dengan mengamati langsung di lokasi untuk menganalisis situasi dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh UMKM, metode perancangan program kerja dengan menyusun program kerja berdasarkan hasil observasi untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan. Program ini mencakup solusi yang tepat untuk peningkatan kualitas katalog dan live produk, selain itu terdapat metode pelaksanaan kerja yang meliputi metode dokumentasi dan metode evaluasi. Selanjutnya memberikan pemahaman materi dan edukasi dan pelatihan pembuatan foto katalog dan live produk.
References
Amir, S. P., & Muhammad, A. (2024). Pembuatan Katalog Produk Digital Di Instagram Sebagai Media Promosi Pada Kopi Loka.ADMIT: Jurnal Administrasi Terapan, 2(1), 139-157.
Dewi, D. P. S., & Rahmat, M. (2022). Strategi Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Omzet Industri Keripik Di Bandar Labuhan Tanjung Morawa. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(11), 3037-3042.
Kotler, P., Keller, K. L., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2016). Marketing Management 3rd edn PDF eBook. Pearson Higher Ed.
Mubarok, F., Nurhaliza, R. M., Novitasari, L. D., & Salisa, N. R. (2024, August). Pentingnya Strategi Pemasaran Digital Foto Produk (Studi Pada Jamu Nyonya Mami dan Nasywa Bakery). In SANDIMAS: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 223-229).
Pratiwi, A. M., Yuliastuti, I. A. N., & Dewi, N. K. N. K. (2022). Mengedukasi Karyawan Bagian Pemasaran Dalam Menggunakan Media Sosial Untuk Meningkatkan Promosi Produk. InProsiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) (Vol. 1, No. 2, pp. 1176-1182).
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat ISSN 2963-2552 Volume 3 Nomor 2, November 2024
Putri, N. P. D. D., Yuliastuti, I. A. N., & Adiyadnya, M. S. P. (2021, December). Inovasi Promosi Dan Pengemasan Produk Ayam Betutu Natar Sari Di Desa Tegalalang, Gianyar. InProsiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021.
Rahmawati, R., Mone, A., & Mustari, N. (2021). Pengaruh Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Program Inovasi Desa Budi Daya Jamur Tiram Di Desa Jenetaesa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(2), 590-604.
Ramadhani, N., & Febriana, P. (2024). Meningkatkan Visibilitas Merek untuk Warung Makan di Indonesia melalui Pelatihan Fotografi dan Pembuatan Katalog Digital. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(2), 10-10.
Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7524-7532.
Yuliastuti, I. A. N., Kepramareni, P., Sugiantari, A. A. P. W., & Giri, I. K. S. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk UKM Asri Jewellery Dalam Menjaga Eksistensinya Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sewaka Bhakti, 6(1), 52-62.