MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PELATIHAN KARYAWAN, LOYALITAS PELANGGAN, DAN ENDORSEMENT PRODUK PADA PERUSAHAAN KARANG DEWATA BUTIK
Keywords:
Pelatihan Karyawan, Loyalitas Pelanggan, Endorsement Produk, Tingkat PenjualanAbstract
Penelitian ini merupakan bentuk realisasi dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar. Pengabdian ini dilakukan di sebuah perusahaan yaitu Karang Dewata Butik, sebuah toko fashion yang berlokasi di Ubud dan sudah berdiri sejak 2014 lalu. Masalah yang dihadapi oleh Karang Dewata Butik meliputi kurangnya pelatihan terhadap karyawan, kebutuhan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, dan kurangnya endorsement produk. Identifikasi masalah ini mengakibatkan penurunan omset karena rendahnya penjualan. Meskipun demikian, loyalitas pelanggan yang kuat menjadi keunggulan utama bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun solusi konkret guna mengatasi masalah-masalah tersebut dan memperkuat posisi Karang Dewata Butik di pasar fashion lokal. Adapun upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut yaitu 1) Pelatihan terhadap karyawan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, keramahan, dan keterampilan layanan pelanggan. 2) untuk itu perusahaan perlu mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 3) Membangun kemitraan dengan selebriti atau influencer yang sesuai dengan citra dan nilai merek Karang Dewata Butik.
References
Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing pada home industri kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 46-51.
Permadi, I. K. O., Dewi, N. K. U. K., & Orlanda, N. P. A. (2024). Peningkatan Branding Pemasaran Melalui Media Sosial dan Optimalisasi Pencatatan Tata Kelola Keuangan Menggunakan Aplikasi Credibook Pada UMKM Kue Gabin Tirta Nadi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 3(1), 416–422.