MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PELATIHAN KARYAWAN, LOYALITAS PELANGGAN, DAN ENDORSEMENT PRODUK PADA PERUSAHAAN KARANG DEWATA BUTIK

Authors

  • I Made Dauh Wijana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Yuliana Jerita Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

Pelatihan Karyawan, Loyalitas Pelanggan, Endorsement Produk, Tingkat Penjualan

Abstract

Penelitian ini merupakan bentuk realisasi dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar. Pengabdian ini dilakukan di sebuah  perusahaan yaitu Karang Dewata Butik, sebuah toko fashion yang berlokasi di Ubud dan sudah  berdiri sejak 2014 lalu. Masalah yang dihadapi oleh Karang Dewata Butik meliputi kurangnya  pelatihan terhadap karyawan, kebutuhan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, dan  kurangnya endorsement produk. Identifikasi masalah ini mengakibatkan penurunan omset  karena rendahnya penjualan. Meskipun demikian, loyalitas pelanggan yang kuat menjadi  keunggulan utama bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun solusi konkret guna  mengatasi masalah-masalah tersebut dan memperkuat posisi Karang Dewata Butik di pasar  fashion lokal. Adapun upaya yang dilakukan untuk mencegah hal tersebut yaitu 1) Pelatihan terhadap karyawan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi, keramahan, dan keterampilan layanan pelanggan. 2) untuk itu perusahaan perlu mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 3) Membangun kemitraan dengan selebriti atau influencer yang sesuai dengan citra dan nilai merek Karang Dewata Butik.

References

Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2021). Analisis strategi komunikasi pemasaran melalui digital marketing pada home industri kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 46-51.

Permadi, I. K. O., Dewi, N. K. U. K., & Orlanda, N. P. A. (2024). Peningkatan Branding Pemasaran Melalui Media Sosial dan Optimalisasi Pencatatan Tata Kelola Keuangan Menggunakan Aplikasi Credibook Pada UMKM Kue Gabin Tirta Nadi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 3(1), 416–422.

Published

2024-12-11

How to Cite

Wijana, I. M. D., & Jerita, Y. (2024). MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PELATIHAN KARYAWAN, LOYALITAS PELANGGAN, DAN ENDORSEMENT PRODUK PADA PERUSAHAAN KARANG DEWATA BUTIK . Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 894–900. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/10410