PENERAPAN PEMBUKUAN DIGITAL DAN PENERAPAN PROMOSI DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN UMKM KEDAI KUE BASAH
Keywords:
Pengabdian Masyarakat, UMKM Kedai Kue Basah, Pencatatan Keuangan, Promosi Media SosialAbstract
Media sosial merupakan suatu kreativitas dan inovasi untuk UMKM dalam aspek pemasaran dan manajemen usaha seperti pemasaran secara online, dapat memberikan layanan/service secara online, berjualan online dan mendapatkan informasi tentang aspek aspek bisnis yang dimana hal tersebut sangat berguna untuk kelangsungan suatu usaha. Kedai Kue Basah merupakan usaha yang bergerak dibidang makanan atau industri makanan, Kedai Kue Basah adalah salah bisnis personal yang dimiliki oleh Ibu Wayan Sudarmi yang menjual berbagai macam jajanan basah tradisional dan kue kering. Usaha ini sudah berdiri sejak 1997, saat ini Kedai Kue Basah terletak di pasar badung lantai 3 yang beralamat Jl. Sulawesi, Dauh Puri Kangin, pasar badung, Kota Denpasar, Bali 80221, Kabupaten Badung. Adapun yang terungkap dari hasil observasi yang dilaksanakan di UMKM ini mengenai menghadapi pesaing era globalisasi adalah turunnya omset penjualan akibat kurangnya pemahaman tentang pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dan kurangnya pemahaman tentang pembukuan keuangan digital.Adapun kegiatan yang dilakukan untuk menangani masalah yang dimiliki oleh pelaku UMKM yaitu memberikan penyuluhan dan pelatihan tentang penggunaan media social sebagai sarana pemasaran dan melakukan pelatihan dan pendampingan tentang pembukuan keuangan digital. Dalam rangka dapat memberikan informasi kepada masyarakat dan mengembangkan UMKM ini, maka perlu diberikan pendamping untuk meningkatkan pemasaran produk agar penjualan lebih meningkat.
References
Azizah, N. L., Indahyanti, U., Latifah, F. N., & Sumadyo, S. B. (2021). Pemanfaatan Pembukuan Digital pada Kelompok UMKM di Sidoarjo Sebagai Media Perencanaan Keuangan. Community Empowerment, 6(1), 64-70.
Bobsaid, A. A., & Saputro, E. A. (2022). Pendampingan Strategi Pemasaran UMKM Desa Giripurno Melalui Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 8(2), 57-61.
Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(2), 13-23.
LPPM, 2024. Buku Pnduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Pandemi Covid-19. Universitas Mahasaraswati Denpasar, Denpasar: LPPM Unmas Denpasar. Peduli Pandemi Covid-19 Periode I Tahun 2024.
Purwidiantoro, M. H., SW, D. F. K., & Hadi, W. (2016). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap pengembangan usaha kecil menengah (UKM). Eka Cida, 1(1).
Sukarsa, I. M. (2014). Kontribusi Pendapatan Pedagang Buah terhadap Pengeluaran Rumah Tangga (Study Kasus: Pedagang Buah di Pasar Badung Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(7), 44464.
Wijaya, W. R., & Handoyo, S. E. (2023). Pengaruh Media Sosial, Kreativitas, Motivasi terhadap Keberhasilan Usaha UMKM Kuliner Jakarta Utara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 797-804.