OPTIMALISASI PENERAPAN BUSINESS PLAN PADA NA-MI GUEST HOUSE CANGGU
Keywords:
Business Plan, Pemasaran Digital, Pelatihan Pemasaran, Optimalisasi OperasionalAbstract
Pengabdian masyarakat di Na-Mi Guest House Canggu bertujuan untuk mengoptimalkan penerapan business plan guna meningkatkan kinerja pemasaran dan efisiensi operasional. Guest house ini menghadapi tantangan dalam merumuskan strategi pemasaran dan sistem yang efektif. Program ini melibatkan empat tahap: observasi, edukasi, pelatihan, dan pendampingan. Pada tahap observasi, mahasiswa menganalisis proses pemasaran yang ada untuk merumuskan rekomendasi perbaikan. Edukasi diberikan untuk meningkatkan pemahaman tim pemasaran mengenai strategi pemasaran baru. Pelatihan fokus pada penggunaan platform digital dan pengelolaan konten. Tahap pendampingan mendukung penerapan strategi baru dan peningkatan keterampilan tim secara berkelanjutan. Implementasi program menunjukkan dampak positif, termasuk perbaikan dalam panduan fasilitas, promosi melalui website dan media sosial, serta penataan ulang struktur organisasi pemasaran. Dukungan manajemen senior dan partisipasi aktif tim pemasaran menjadi kunci keberhasilan, memungkinkan Na-Mi Guest House untuk bersaing lebih baik, meningkatkan reputasi, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi tamu.
References
Abidin, M. Z. (2021). Analisis business plan pelaku UMKM di kecamatan Mlarak. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 1(2), 166- 172.
Aini, M., Syifana, T., Wijayanti, E., Adinugraha, H. H., & Gunawan, A. (2022). Pelatihan Business Plan di Kalangan Mahasiswa di Kos Istikomah Jl. Raya Rowoloaku Kajen. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 180-186.
Lintang, S., Marjuk, Y., Pahmi, P., Hamsiah, H., Sabaria, S., Khairunisa, N. A., ... & Musriani, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Business Plan Menggunakan metode BMC (Business Model Canvas) Pada Bunda Paud Kabupaten Raja Ampat. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 6(2), 59-67.
Puspitawati, N. M. D., & Riana, I. G. (2014). Pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasional dan kualitas layanan. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(1), 68-80.
Wijayaningsih, R., Rizal, A., Parhusip, A. S., Ranjani, D. E., Al Bayhaqi, F., Andiwa, G. R., ... & Putri, R. N. V. (2024). IMPLEMENTASI BUSINESS PLAN. Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 5(10), 101-110.