PENGOPTIMALAN PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI TIARA YEH AYA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER

Penulis

  • Made Ika Prastyadewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Putu Krisna Dawantara Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Tiara Dewata, Digitalisasi, Pelayanan

Abstrak

Di era digital ini, perusahaan di berbagai sektor industri dihadapkan pada persaingan yang semakin ketat. Mulai dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah gambaran bisnis secara drastis, dengan banyak perusahaan beralih ke lingkungan bisnis yang lebih terhubung dan berbasis teknologi. Seiring dengan perkembangan ini, digitalisasi telah menjadi suatu keharusan bagi perusahaan untuk tetap relevan, berdaya saing, dan memperoleh keunggulan kompetitif selain itu pelayanan yang diberikan kepada customer juga perlu ditingkatkan agar customer mendapatkan kenyamanan serta kemudahan saat berbelanja. Tiara Dewata cabang Yeh Aya merupakan Departemen Store dari PT. Adikarya Pangan Freshindo yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti produk-produk makanan, minuman dan produk keperluan dapur (buah-buahan, sayuran, daging, ikan, tahu, tempe, dan bumbu-bumbuan). Permasalahan yang ditemukan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada Tiara Dewata cabang Yeh Aya yaitu kurangnya pengelolaan dalam menggunakan media digital, sehingga berdampak pada penurunan target pasar yang menyasar pada kaum milenial (18 – 30 tahun), kebutuhan sanitasi yang kurang pada area Tiara Dewata cabang Yeh Aya perlu ditingkatkan, kurangnya karyawan di beberapa departemen yang membuat konsumen kebingungan mengenai produk yang dipajang serta kurang lengkapnya produk yang dijual, mengingat Tiara baru pindah.

Referensi

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31

Duan, R. R., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio Pada PT. Hasjrat Abadi Tobelo. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 128. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23710.128-136

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @KPopConnection. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 39–50.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. Profesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 102. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15333

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81. https://doi.org/10.25078/pba.v3i2.649

Waruwu, S., Mendrofa, Y., & Gulo, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi (JAMANE), 1(2), 286–294.

Winata, A., & Nurcahya, I. K. (2017). Pengaruh Iklan Pada Media Televisi Terhadap Minat Beli. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5660–5692.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Prastyadewi, M. I., & Dawantara, I. P. K. (2023). PENGOPTIMALAN PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI TIARA YEH AYA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN TERHADAP CUSTOMER. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1137–1143. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/8016