STRATEGI PENGELOLAAN DESA WISATA BERKELANJUTAN PADA POKDARWIS DESA WISATA KUWUM DI KABUPATEN BADUNG

Penulis

  • Putu Agus Prayogi Universitas Triatma Mulya
  • I Nengah Suardhika Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Rihayana Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Potensi Wisata, Pemandu Wisata, Pengelolaan Desa Wisata

Abstrak

Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Kuwum merupakan pengelola kegiatan wisata di Desa Kuwum yang terletak di Kabupaten Badung.  Dari hasil observasi dan pengamatan secara berkelanjutan yang saya lakukan pada Pokdarwis Desa Wisata Kuwum, ditemukan adanya permasalahan mengenai kurang optimalnya pengembangan potensi wisata yang dimiliki untuk dijadikan daya Tarik wisata di Desa Wisata Kuwum. Selain permasalahan tersebut, ditemukan juga permasalahan dibidang kepemanduan wisata dan pengelolaan desa wisata. Dimana mitra belum memiliki pemandu wisata yang nantinya bertugas memandu wisatawan yang berkunjung. Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Wisata Kuwum telah terlaksana dan berhasil dengan baik, serta tepat sasaran. Dengan melaksanakan pelatihan mengenai pengembangan potensi wisata, pelatihan kepemanduan wisata dan pelatihan pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan. Dengan demikian diharapkan agar kinerja pokdarwis ini semakin baik dan meningkat.

Referensi

LPPM Unmas Denpasar. (2023). Buku Panduan Pengabdian Pada Masyarakat. Denpasar: LPPM Unmas.

Prayogi, Putu Agus (2018). Pengembangan Potensi Wisata Di Desa Tangkup Dengan Konsep Pariwisata Pedesaan Dan Pemberdayaan Masyarakat, Jurnal Perhotelan dan Pariwisata Januari - Juni 2018, Vol. 8, No. 1.

Syafi, Muhammad, Djoko Suwandono,(2015). Perencanaan Desa Wisata Dengan Pendekatan Konsep Community Based Tourism (CBT) di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Jurnal Ruang ISSN: 1858-3881 Vol 1, No.2 2015.Semarang :Universitas Diponegoro.

Wisnawa, I Made Bayu, Agus Prayogi, Ketut Sutapa . (2019). Brand Loyalty Model For Developing Potential Tourist Attraction At Tangkup Village In Karangasem. International Journal Of Multidisciplinary Educational Research, Issn: 2277-7881; Impact Factor – 6.014; Volume 8, Issue 8(7).

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Prayogi, P. A. ., Suardhika, I. N. ., & Rihayana, I. G. . (2023). STRATEGI PENGELOLAAN DESA WISATA BERKELANJUTAN PADA POKDARWIS DESA WISATA KUWUM DI KABUPATEN BADUNG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(2), 1048–1053. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/7997