PEMBINAAN OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN TRAFFIC DAN CUSTOMER PADA UMKM SALON CENDANA
Kata Kunci:
Promosi, Media sosial, Program kerjaAbstrak
Adanya program pengabdian masyarakat bertujuan untuk membantu pemilik UMKM dalam meningkatkan digitalisasi promosi dan pelayanannya yang baik kepada customer. Melalui program kerja pada UMKM Salon Cendana di Jalan Letda Reta No.38 Dangin Puri Kelod, Kec. Denpasar Timur, sudah terlaksana dengan baik. Dimulai dengan observasi, metode pembekalan, pelatihan, hingga terjun langsung ke lapangan dengan menerapkan bekal ilmu pendidikan perkuliahaan dilanjutkan dengan mengimplementasikan kepada masyarakat melalui program kerja. Metode evaluasi pelaksaan program Pengabdian Masyarakat di tinjau dari keberlangsungan program kerja dan keefektifan, keberlangsungan program pada sasaran dari setiap program kerja.
Referensi
Barger, V., Peltier, J. W., & Schultz, D. E. (2016). Social media and consumer engagement: a review and research agenda. Journal of Research in Interactive Marketing. https://doi.org/10.1108/JRIM-06-2016-0065
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130
Nurimani, G. S. (2022). Strategi Promosi di Media Sosial dalam Menarik Minat Beli Produk Pakaian. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 59-62.
Ryan, D. (2009). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation. Journal of Direct Data and Digital Marketing Practice. https://doi.org/10.1057/dddmp.2009.7
Tjiptono dan Diana. 2020. Pemasaran. Makassar: ANDI