MENINGKATKAN CUSTOMER RETENTION BRAUD CAFE MENGGUNAKAN MANAJEMEN RELASIONAL PELANGGAN

Penulis

  • Putu Ari Pertiwi Sanjiwani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Widnyana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Sintya Surya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Made Esa Abimansa Wijaya Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Manajemen Relasional Pelanggan, Pemasaran Relasional, Loyalitas Konsumen

Abstrak

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tujuan yang penting untuk dicapai bukan hanya angka penjualan, melainkan hubungan yang baik dengan konsumen sehingga meningkatkan loyalitas konsumen guna menciptakan sebuah bisnis yang berkelanjutan. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen relasional pelanggan pada sebuah bisnis dengan menggunakan metode-metode yang relevan dengan situasi bisnis saat ini. Permasalahan yang akan dibahas pada penulisan artikel ini adalah konsep manajemen relasional pelanggan dan bagaimana teori ini dapat diterapkan pada sebuah usaha untuk meningkatkan kualitas pemasaran relasional. Dampak dari penulisan artikel ini diharapkan mampu menjadi pertimbangan pelaku bisnis untuk menerapkan metode pemasaran relasional yang berfokus pada menjaga loyalitas konsumen terhadap produk dan layanan.

Referensi

Binus. Customer Retention. Retrieved on March 25th, 2023 from https://bbs.binus.ac.id/gbm/2018/08/29/customer-retention/

Kajian Pustaka. Kepercayaan Konsumen (Pengertian, Aspek, Jenis, Indikator, dan Strategi). Retrieved on March 25th, 2023 from https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepercayaan-konsumen-pengertian-aspek.html

Glints. Loyalty Program. Retrieved on March 25th, 2023 from https://glints.com/id/lowongan/loyalty-program/#.ZB6ZHXZBzb0

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-21

Cara Mengutip

Sanjiwani, P. A. P., Widnyana, I. W., Dewi, N. M. S. S., & Wijaya, M. E. A. (2023). MENINGKATKAN CUSTOMER RETENTION BRAUD CAFE MENGGUNAKAN MANAJEMEN RELASIONAL PELANGGAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 2(1), 575–579. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/6535