UPAYA MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN COFFEE CARTEL DENGAN MENAMBAHKAN VARIAN SUSU DALAM PEMBUATAN MINUMAN
Kata Kunci:
Minat Konsumen, Coffee Cartel, MinumanAbstrak
Kegiatan pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam kegiatan usaha, mengingat orientasinya dalam memberikan value kepada konsumen. Setiap pelaku usaha di tiap kategori bisnis dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi. Saat ini, kebiasaan nongkrong atau kumpul di café telah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia, baik para pelajar maupun orang dewasa. Kebiasaan inilah yang membuat banyak pengusaha-pengusaha yang melirik bisnis coffee shop. Usaha Coffee Shop semakin banyak bermunculan di Bali seiring pesatnya perkembangan pariwisata di bali, dimana masing-masing Coffee Shop tersebut menyajikan konsep yang berbeda-beda baik dari segi pelayanan, menu maupun fasilitas yang disediakan. Dengan keberadaan Coffee Shop baru yang bermunculan membuat persaingan semakin ketat. Minat beli konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu variasi menu dan kualitas pelayanan. Persaingan ketat di bisnis coffee shop juga dirasakan oleh coffee cartel, semakin berkembangnya daerah pariwisata di seminyak serta menjamurnya coffee shop baru dengan konsep yang lebih fresh mengakibatkan beralihnya customer coffee cartel ke coffee shop lain yang menyajikan lebih banyak varian menu. Kondisi tersebut tidak bisa didiamkan dalam waktu lama dan pihak manajemen harus mencari sesuatu yang baru agar dapat menarik minat cutomer kembali.
Referensi
LPPM. (2021). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Alternatif Peduli Bencana COVID- 19 (KAPPC). Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Andini & Aditiya. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Prima Media.
Thamrin Abdullah. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Marian Burk Wood. (2009). Buku Panduan Perencanaan Pemasaran. Jakarta: PT INDEKS.