UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA ANTARA COFFEE SPACE DI DESA MENGWITANI
Kata Kunci:
UMKM Coffee Shop, Instagram, Peningkatan PelayananAbstrak
Serangan wabah covid-19 pada saat ini terjadi hampir di mana-mana di dunia, termasuk Indonesia, dan telah memberikan pengaruh yang merugikan bagi banyak perusahaan. Salah satu UMKM yang terdampak covid-19 yakni Usaha Coffee Shop “Antara Coffee Space”. Coffee Shop “Antara Coffee Space” merupakan salah satu UMKM yang bergerak di sektor perdagangan usaha kedai kopi. UMKM ini beralamat di Jalan Pratu Rai Madra, No. 22, Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung, Bali. Program kerja yang diajukan pada kegiatan ini pertama yaitu membantu dalam meningkatkan kemampuan pemasaran produk dengan memanfaatkan media social Instagram. Dan program kerja kedua yaitu penjelasan mengenai bagaimana penerapan dalam upaya peningkatan pelayanan terhadap konsumen. Program kerja tersebut disusun berdasarkan apa yang sedang menjadi permasalahan pada usaha mitra, permasalahan utama yang dihadapi yaitu menurunya pendapatan pembelian minuman kopi di Coffee Shop “Antara Coffee Space”. Permasalahan lain yang juga dihadapi oleh mitra adalah kurangnya pemahaman mengenai cara dalam peningkatan pelayanan terhadap konsumen. Adapun solusi dari permasalahan tersebut adalah yang pertama dengan memberikan pengenalan mengenai apa saja media digital yang dapat mendukung pemasaran penjualan kopi seperti Instagram serta penerapannya. Solusi yang kedua yaitu memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara di dalam meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dengan memiliki call centre yang dapat dihubungi, mendengarkan keluhan konsumen, dan segera merespon cepat kebutuhan konsumen, serta menjaga kesabaran dan kesopanan dihadapan konsumen. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan metode pendekatan secara langsung dan diskusi bersama mengenai program kerja yang diajukan untuk menangani permasalahan pada usaha mitra UMKM Coffee Shop “Antara Coffee Space” dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
Referensi
Alifiana, A. M., & Nanik, S. (2018). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMETAAN UMKM BERDASAR POTENSI RISIKO BERBASIS GIS. Prosiding, 142), 289-294.
Jufra, A. A. (2020, Agustus). STUDI PEMULIHAN DAN PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF SUB-SEKTOR KULINER PASCA PANDEMI (COVID-19) DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Ekonomi dan Manajemen, X2), 116-131.
Muhammad, J., Budi, L., & Ari, S. (2020, july Strategi UKM pada masa pandemi covid-19. neolectura, 67-74.
Sarmigi, E. (2020), ANALISIS PENGARUH COVID-19 TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN KERINCI. Ekonomi dan Bisnis Islam, 10, 1-17.
Pratiwi, M. I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM. Jurnal Ners, 4(2).
Widyani, A. A. D., & I Wayan Yuditya Wedastira. (2022). PEMANFAATAN MARKET PLACE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DI ERA NEW NORMAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 273–279. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3887.