PEMANFAATAN MARKET PLACE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DI ERA NEW NORMAL

Penulis

  • Anak Agung Dwi Widyani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Wayan Yuditya Wedastira

Kata Kunci:

UMKM, Pandemi, Market Place

Abstrak

UMKM mempunyai peranan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional, terbukti pada waktu bangsa Indonesia mengalami krisis yang terjadi beberapa waktu lalu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lebih tangguh dalam menghadapi krisis ekonomi. Munculnya Virus COVID-19 dan adanya keputusan dari Pemerintah untuk memberlakukan kebijakan terhadap pembatasan berbagai aktivitas di masyarakat. Salah satunya Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) pun iterkena imbasnya. Dampak pandemi covid-19 pada era modernisasi saat ini, seperti teknologi dan informasi mengalamii perkembangan yang sangat pesat terutama internet. Pertumbuhan e-commerce berkembang cukup pesat walaupun pada masa pandemi sekarang ini. Sebagai buktinya yaitu kenaikan pembelian dari melalui e-commerce hingga pencapaian sebanyak 18,1% atau 98,3 juta transaksi dari total transaksi sejumlah $1,4 juta USD. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan dilakukannya program pemanfaatan market place shopee untuk penjualan online dalam meningkatkan penjualan WAFS Bali di masa pandemi. Penggunanaan market place shopee diharapkan dapat membantu UMKM WAFS Bali dalam meningkatkan penjualannya di masa New Normal ini. Serta bisa mempromosikan WAFS Bali agar semakin dikenal lebih luas oleh para masyarakat. Pegawai yang lebih teredukasi pada program ini sehingga dapat memotivasi mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pada UMKM WAFS Bali.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-29

Cara Mengutip

Widyani, A. A. D. ., & I Wayan Yuditya Wedastira. (2022). PEMANFAATAN MARKET PLACE UNTUK PENINGKATAN PENJUALAN DI ERA NEW NORMAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 1(1), 273–279. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/3887