OPTIMALISASI PENCATATAN STOK DAN PEMASARAN PRODUK MELALUI SISTEM PEMBUKUAN DIGITAL DAN MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Ni Luh Putu Sandrya Dewi Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Kadek Yulia Metianingsih Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Luh Gede Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • DA Gladysia Sistadanta Kurnia Dewi Sutedja Universitas Primakara

Kata Kunci:

UMKM, digitalisasi, pembukuan digital, katalog produk, media sosial

Abstrak

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada Gentong Antiques di Bali yang bergerak di bidang kerajinan tanah liat. Usaha ini menghadapi tiga kendala utama yaitu pencatatan stok dan transaksi masih manual, belum memiliki katalog produk digital, dan pemanfaatan media sosial yang belum optimal. Solusi yang ditawarkan mencakup penerapan sistem pembukuan digital untuk pencatatan stok, penyusunan katalog produk digital, serta pembuatan dan pengelolaan akun media sosial sebagai sarana promosi. Program dilaksanakan melalui observasi, pelatihan, pendampingan, serta penyusunan media promosi digital selama 23 Juli hingga 23 Agustus 2025. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa aplikasi MyBisnis dapat digunakan untuk mencatat transaksi secara real time, katalog digital berisi dua puluh produk berhasil disusun, dan akun Facebook Page resmi dibuat dengan enam unggahan awal. Program ini meningkatkan efisiensi pencatatan, memudahkan akses informasi produk, serta memperluas jangkauan pemasaran. Ke depannya, diperlukan konsistensi dalam pengelolaan media sosial dan pembaruan katalog agar manfaat program ini dapat berkelanjutan.

Referensi

Dewi, N. L. P. S., Putri, I. G. A. Y., Sutedja, D. G. S. K. D., & Dewi, L. G. K. (2025). Pelatihan Sistem Digitalisasi Pembukuan dan Optimalisasi Promosi Melalui Digital Marketing pada Toko Kue Candra Dewi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), 4(1), 452–456. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11679

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. (2024, 4 November). UMKM Pahlawan Ekonomi: Perekonomian Nasional Meningkat. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/curup/id/data-publikasi/artikel/2885-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html

Kemp, S. (2025). Digital 2025: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2025-indonesia

Kusumaningrum, A. M., Aninditiyah, G., & Huda, N. A. M. (2025). Transparansi Keuangan UMKM Melalui Otomatisasi Akuntansi Digital Berbasis Cloud. KOMPAK: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 18(1), 423-433. https://journal.stekom.ac.id/index.php/kompak/article/download/2888/1927

Lubis, I. S., & Lufriansyah. (2024). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM di Mediasi Kualitas Laporan Keuangan di Kecamatn Kisaran Barat Kabupaten Asahan. JIMEA (Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 8(1), 1456–1469. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/3866

Natalia, D., & Tammar, A. (2025). Pengaruh Adopsi Sistem Akuntansi Berbasis Cloud, Kompetensi Digital Akuntan, dan Dukungan Manajemen Terhadap Kualitas Informasi Keuangan pada UMKM Digital di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 8(1), 1324–1335. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/download/9788/5989

Rosyidi, R. A., Dito, M. D., Hakiki, A., Wibowo, M. L., Husaini, F., Fianto, B. A. (2025). Peran Media Sosial dalam Strategi Pemasarn Produk UMKM. SANTRI: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 3(3), 113-128. https://journal.areai.or.id/index.php/SANTRI/article/download/1461/1673/7435

Talib, N. R. A., & Sari, M. N. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Peningkatan Brand Awareness pada UMKM Kota Tanggerang Selatan di Era Digital. Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen Agribisnis, 2(2), 87-96. https://jurnal.faperta-unras.ac.id/index.php/JUREKMA/article/download/318/246/

Unduhan

Diterbitkan

2025-11-28

Cara Mengutip

Dewi, N. L. P. S., Metianingsih, K. Y., Dewi, L. G. K., & Sutedja, D. G. S. K. D. (2025). OPTIMALISASI PENCATATAN STOK DAN PEMASARAN PRODUK MELALUI SISTEM PEMBUKUAN DIGITAL DAN MEDIA SOSIAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(2), 817–823. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/12896