PENGEMBANGAN UMKM LOKAL DESA GUWANG MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN BRANDING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Penulis

  • Ni Luh Putu Widhiastuti Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Komang Ayu Purnami Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ade Rahmania Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pasar Seni, Pedagang, Teknologi, Lingkungan, Pemberdayaan

Abstrak

Salah satu pasar seni yang terdapat di kabupaten Gianyar adalah Pasar Seni Guwang yang berlokasi di Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, sekitar 15 km ke arah timur dari Kota Denpasar.  Lokasi pasar sangat strategis karena satu jalur ke arah objek wisata lainnya seperti ubud dan kintamani. Pasar seni Guwang memiliki fasilitas parkir yang luas, sehingga bisa menampung puluhan bus pariwisata. Bentuk bangunan dibuat seperti letter U, dibagi menjadi tiga blok yaitu blok A pada sisi kiri, blok B di sisi kanan dan C diujung sebagai penghubung antara blok A dengan B. Pasar seni ini menyediakan berbagai kerajinan penduduk lokal Bali. Sebagai sebuah pasar tradisional pasar seni Guwang juga mengalami pasar surut pengunjung. Oleh karenanya, kami ikut berperan serta dalam pengembangan dan mempertahankan eksistensi Pasar Seni Guwang melalui pemasaran digital dan branding untuk dapat meningkatkan penjualan. Kegiatan ini telah berhasil dilakukan berkat dukungan dari seluruh pihak yang terlibat.  

Referensi

Afriani, U. F. (2011). Strategi Rown Division dalam Memanfaatkan Media Jejaring Sosial Facebook Sebagai Sarana Promosi Secara Online (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arianto, B., & Sofyan, H. (2020). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 6(2), 130- 145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.48181/jrbmt.v6i2.19025

Arianto, B. (2023). Kebermanfaatan Media Sosial Bagi Generasi Internet: Studi Fenomenologi. Expose:Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1),1–15. https://doi.org/http:org/10.33021/

Exp.v6i1.4185.

Kotler and Keller. 2016. Marketing Management. Pearson: Prentice hall

Prasetya, M. (2020). Self-presentation dan kesadaran privacy micro- influencer di instagram. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies). https://doi.org/10.25139/jsk.v4i1.2301

Priambada, S. (2015). Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM).

Widhiastuti, N.L.P. dan Jivanka, N.P.A.M. (2022). Meningkatkan Penjualan Pada 21 Gadget Stuff Cabang Teuku Umar yang Turun Akibat Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA), Vol. 1, Issue 1, Hal. 194-200.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Widhiastuti , N. L. P. ., Purnami , N. K. A. ., & Rahmania , A. . (2025). PENGEMBANGAN UMKM LOKAL DESA GUWANG MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN BRANDING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 572–578. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11709