PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN UMKM PENGERAJIN KAYU DI BANJAR DAUH UMA DESA BATUAN KALER

Penulis

  • Ni Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gusti Ayu Berliana Radha Devi Maha Swari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Agustini Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

UMKM, Pemasaran, E-Commerce, Pengrajin Kayu

Abstrak

UMKM pengrajin kayu memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian lokal, namun seringkali menghadapi kendala dalam hal pemasaran produk secara luas. Penelitian atau kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran pelaku UMKM pengrajin kayu melalui dua strategi utama: pemasangan papan nama usaha yang representatif dan pendaftaran akun e-commerce di platform Shopee. Metode yang digunakan meliputi observasi lapangan, wawancara, serta pendampingan langsung dalam pembuatan dan pemasangan papan nama, serta proses pendaftaran dan pengelolaan akun Shopee. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan visibilitas usaha secara lokal melalui papan nama, serta perluasan pasar secara digital dengan kehadiran di e-commerce. Para pelaku UMKM mulai memahami pentingnya id entitas usaha dan potensi digital marketing dalam menjangkau konsumen yang lebih luas. Kesimpulannya, pendekatan sederhana namun strategis ini efektif dalam meningkatkan daya saing UMKM pengrajin kayu, khususnya dalam era digital.

Referensi

Atmaja, N. P. C. D., Sukerta, I. M., & Januarta, I. W. (2021, December). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Digital Ukm Ukiran Bali Di Desa Batubulan Kangin. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar Di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021.

Atmaja, N. P. C. D., Menuh, N. N., & Pinatih, N. W. S. P. (2023, May). Pelaksanaan Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Dan Peningkatan Pemasaran Produk Umkm Anila Silver. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senema) (Vol. 2, No. 1, Pp. 423-427).

Aziz, M. A., Hanif, A., Putri, A. A., Quennara, V. C., Nurhidayah, N., Damayanti, R. P., ... & Vadilla, I. T. N. (2027). Pengembangan Umkm Dan Ekonomi Kreatif Desa Laweyan Di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Daffa, M. M., Iqbal, M., Ni'mah, N., Riswanti, B. M., Husna, A. N. U., Aini, S. N., ... & Nurilhuda, I. F. (2023). Pengembangan Umkm Dan Pemberian Edukasi Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat Desa Pakel, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Dewi, P. S., Merukh, M. S. H., Atmaja, N. P. C. D., & Tamba, I. M. (2022). Pengembangan Dan Pemasaran Produk Umkm Keripik Ladrang Bu Panca Penarukan Berbasis E Commerce. In Prosiding Seminar Regional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Mahasaraswati Denpasar (Vol. 1, No. 2, Pp. 233-239).

Dewi, N. L. P. F. A., Atmaja, N. P. C. D., & Manek, D. (2024). Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen E-Commerce Tokopedia Di Kota Denpasar). Emas, 5(7), 114-124.

Jatiningrum, C., Marantika, A., Wulandari, W., & Sari, R. P. (2022). Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce Pada Pemasaran Produk Umkm Kerajinan Batok Kelapa Di Kabupaten Pringsewu. Near: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 145-153.

Muslimin, K., Cahyo, W. N., Mardiana, N. P., & Octaviana, S. A. (2022). Optimalisasi Entrepreneurship Pada Umkm Cemilan Seafood Di Desa Tempel Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Khaira Ummah, 1(02), 163-186.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Atmaja, N. P. C. D. ., Swari, I. G. A. B. R. D. M. ., & Agustini, N. P. . (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMASARAN UMKM PENGERAJIN KAYU DI BANJAR DAUH UMA DESA BATUAN KALER . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 559–564. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11707