OPTIMALISASIAN DIGITAL DAN PENATAAN INFRASTRUKTUR BUMDES DI DESA BATUAN

Penulis

  • Pande Ketut Ribek Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Shania Wulandari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Kadek Lina Lestari Universitas Mahasaraswati Denpasar

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, BUMDes, Pengoptimalisasian Digitalisasi, Penataan Infrastuktur

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini disajikan dalam segi kehidupan  bermasyarakat.  Daerah  tujuan  pengabdian kepada  masyarakat  yaitu Desa Batuan, Kecamatan Sukawati,  Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Kehidupan masyarakat desa yang bersifat kolektif memiliki tradisi: Pertama, solidaritas, kerjasama, swadaya, dan gotong royong tanpa mengenal batas-batas kekerabatan. Tujuan pengabdian masyarkat ini untuk mendampingi masyarakat dalam penggunaaan digitalisasi sehingga meningkatkan kinerja. Pemerataan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat melalui pengoptimalisasi digitalisasi serta penataan infrastruktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Praja Kerta bnerfokus pada pendaftaran lokasi BUMDes di aplikasi Google Maps dan pemasangan spanduk serta plang nama untuk memperkenalkan identitasnya kepada masyarakat. Melalui langkah-langkah ini, diharapkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan BUMDes meningkat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi komunitas lokal. Metode yang digunakan yaitu wawancara dan observasi pada masyarakat desa Batuan.Tahapan dimulai dari persiapan, pelaksanaan, penataan, dan evaluasi. Hasil pengabdian Masyarakat bahwa peningkatan kehadiran digitalisasi BUMDES PRAJA KERTA di Desa Batuan dengan pendaftaran lokasi pada aplikasi google maps terlaksnaa. Hal ini, dapat memberikan pemaham masyarakat mengenai keberadaan BUMDes. Peningkatan fasilitas dan infastruktur BUMDES PRAJA KERTA di Desa Batuan dengan penataan dan pemasangan spanduk dan plang nama BUMDes terlaksana. Hal ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat setempat akan fungsi dari BUMDES PRAJA KERTA. Digitalisasi menjadi penting untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi layanan publik, di mana BUMDes sebagai lembaga ekonomi lokal memiliki peran sangat strategis.

Referensi

Anggraeni, Maria Rosa Ratna Sri. 2016. “Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta.” Modus 28 (2): 155. https://doi.org/10.24002/modus.v28i2.848

Faedlulloh, Dodi. 2018. “BUMDes Dan Kepemilikan Warga: Membangun Skema Organisasi Partisipatoris.” Journal of Governance 3 (1): 1–17. https://doi.org/10.31506/jog.v3i1.3035.

Lisnawati, Lisnawati, and Soraya Lestari. 2019. “Analisis Faktor Pembangunan Desa Dalam Pengembangan Desa Mandiri Berkelanjutan Pada Desa Bunghu Aceh Besar.” Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik 4 (2). https://doi.org/10.26905/pjiap.v4i2.3390.

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Profil Desa Batuan, (2016). Kabupaten Gianyar. Profil Desa Kecamatan Sukawati. Https://Www.Batuan.Desa.Id/Artikel/2016/8/26/Wilayah-Desa

Putra, Anom Surya. 2022. Buku 7 Badan Usaha Milik Desa: Spirt Usaha

Soegijono, M. S. (1993). Wawancara Sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 3(1), 157152.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Yang Dibahas Dalam Bab X Pasal 87-90

Wijaya, N. (2023). Strategi Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Jurnal Wahana Bina Pemerintahan, 10(1), 42–56.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-27

Cara Mengutip

Ribek, P. K. ., Wulandari, N. K. S. ., & Lestari, N. K. L. . (2025). OPTIMALISASIAN DIGITAL DAN PENATAAN INFRASTRUKTUR BUMDES DI DESA BATUAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA), 4(1), 552–558. Diambil dari https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/seminarfeb/article/view/11706